Pengaruh metode Modeling the Way terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di SMP Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomsah, Lailatul (2010) Pengaruh metode Modeling the Way terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di SMP Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Khomsah_D31206042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Memasuki era persaingan global sekarang ini masalah pendidikan, termasuk juga pendidikan Agama memegang peranan penting dan tanggung jawab yang paling besar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dari kenyataan tersebut, maka pendidikan Agama khususnya materi Fiqih mempunyai kedudukan dan peranan penting dalam membentuk generasi muda dengan ilmu dan amaliyah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tentang penerapan metode Modeling The Way. Dad penerapan metode tersebut diharapkan dapat membangun keterkaitan antara informasi(pengetahuan) barn dengan pengalaman yang telah dimiliki dan dikuasai siswa melalui seorang model, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan metode Modeling The Way, tentang pemahaman siswa serta pengaruh antara metode Modeling The Way terhadap pemahaman siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Khadijah Surabaya. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif, dimana dalam penyajian data penulis menguraikan secara jelas tentang materi yang sedang diteliti serta disajikan dalam bentuk angka-angka. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan lembar angket. Hasil penelitian menimjukkan bahwa: (1) metode Modeling The Way pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP Khadijah Surabaya tergolong baik. Hal ini terbukti bahwa observasi aktivitas guru dan siswa tergolong baik, dan analisis angket menunjukkan hasil 82% yang tergolong baik.(2) pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP Khadijah Surabaya tergolong baik. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai pemahaman siswa yaitu 8 yang berarti baik.(3) Dari kajian yang ada dapat diketahui bahwa ada pengaruh penerapan metode Modeling The Way terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP Khadijah Surabaya. Hal ini sesuai hasil analisis regresi linear sederhana dengan hasi1 85,2. Dan untuk mengetahui sejauhmana pengarulmya dilihat dari koefesien determinasi r2=0,6202=0,384 hal ini berarti rata-rata pemahaman siswa 38,40% ditentukan oleh metode Modeling The Way. Selain itu dari hasil analisis korelasi dengan hasil rxy=0,620 yang apabila dikonsultasikan pada tabel korelasi berkisar antara 0,40-0,70 yang berarti antara penerapan metode Modeling The Way dengan pemahaman siswa terdapat korelasi yang cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomsah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Modeling the Way
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:23
Last Modified: 05 Jul 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32456

Actions (login required)

View Item View Item