Penjaga nilai-nilai nasional organisasi daerah Mahasiswa IAIN Jember: studi pembelajaran Wasathiyah di Jong Madura dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Heridianto, Heridianto (2019) Penjaga nilai-nilai nasional organisasi daerah Mahasiswa IAIN Jember: studi pembelajaran Wasathiyah di Jong Madura dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heridianto_F52917008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: (1) Bagaimana program pembelajaran wasathiyah dalam menjaga nilai-nilai nasional organisasi daerah mahasiswa IAIN Jember oleh Jong Madura dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran wasathiyah dalam menjaga nilai-nilai nasional organisasi daerah mahasiswa IAIN Jember oleh Jong Madura dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso; (3) Bagaimana model pembelajaran wasathiyah dalam menjaga nilai-nilai nasional organisasi daerah mahasiswa IAIN Jember oleh Jong Madura dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso; Dalam mencapai tujuan penelitian maka metode yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder sedangkan key informan dalam penelitian ini pengurus dan pembina. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan: (1) Dokumentasi; (2) Observasi; dan (3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif. Menggunakan tiga langkah, yaitu; data reduction, data display dan conclusion drawing atau verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasilnya adalah sebagai berikut: Pertama, program pembelajaran wasathiyah di Jong Madura adalah program yang berdasarkan konsultasi ke senior dan alumni dan melalui serap aspirasi kepada kader dan anggota. Sedangkan program pembelajaran wasathiyah di Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso adalah program yang diagendakan oleh internal kepengurusan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran wasathiyah berjalan dengan baik dengan dibuktikan output/outcame kader dan anggota Jong Madura. Begitu pula di Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso berjalan dengan baik ditandai dengan output/outcame kader dan anggota yang sangat baik di berbagai sektor strategis di Bondowoso. Ketiga, model pembelajaran wasathiyah yang dilakukan oleh Jong Madura adalah mensosialisasikan kepada kader dan anggota. Sedangkan di Ikatan Keluarga Mahasiswa pergerakan Bondowoso yaitu ada yang formal, informal, dan nonformal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Heridianto, Heridiantohp082332916362@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Indonesia
Organisasi Mahasiswa
Pendidikan Islam
Keywords: Pembelajaran, Wasathiyah; Menjaga Nilai-nilai Nasional
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Heridianto Heridianto
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:29
Last Modified: 10 Jul 2019 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32453

Actions (login required)

View Item View Item