Dampak otonomi pendidikan terhadap kualitas pengajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syadzilli, Muhammad Fatih Rusydi (2010) Dampak otonomi pendidikan terhadap kualitas pengajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fatih Rusydi Syadzilli_D01206128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Prestasi pendidikan di Indonesia yang tertinggal jauh di bawah negara-negara Asia lainnya, seperti Singapura, Jepang, dan Malaysia. Bahkan jika dilihat dari indeks sumber daya manusia, yang salah satu indikatornya adalah sektor pendidikan, posisi Indonesia kian menurun dari tahun ke tahun. Sentralisasi pengelolaan pendidikan nasional selama Indonesia merdeka, ternyata telah menempatkan Indonesia dalam posisi sebagai negara yang jauh tertinggal dibanding dengan negara-negara lain di dunia. Dengan semangat demokratisasi, desentralisasi dan globalisasi, maka dalam Undang-Undang Sisdiknas yang disahkan tanggal 11 Juni 2003, terdapat paling kurang sembilan belas pasal yang menggandengkan kata pemerintah dan pemerintah daerah, yang konotasinya adalah berbagai kebijakan dalam pembangunan pendidikan hendaknya selalu mengawinkan kepentingan nasional dan kepentingan lokal (daerah) sehingga kualitas pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing peserta didik, dilaksanakan secara efisien dan efektif. Mulai dari hak dan kewajiban pemerintah dan pemerintah daerah untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas, sampai kepada hak regulasi dalam mengatur sistem pendidikan nasional. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah: 1.) Untuk Mengetahui Kebijakan Otonomi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri, 2.) Untuk Mengetahui Kualitas Pengajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri, dan 3.) Untuk Mengetahui Dampak Otonomi Pendidikan Terhadap Kualitas Pengajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum Ngampel Selodono Ringinrejo Kediri Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional di mana analisisnya menggunakan statistik dan dalam hal ini data yang diperoleh melalui beberapa teknik di antaranya adalah observasi, interview, angket, sena dokumentasi. Data yang diperoleh untuk menjawab permasalahan di atas adalah 1) bahwa penerapan pelaksanaan Kebijakan Otonomi Pendidikan dengan nilai 78%, 2) bahwa pelaksanaan pengajaran guru tergolong baik dengan prosentase 80%. Sedang ada tidaknya dampak kebijakan otonomi pendidikan terhadap kualitas pengajaran guru dibuktikan dengan hasil dari rumus product moment yaitu 0,76 yang dikonsultasikan dengan interpretasi "r" tabel dan hasilnya adalah tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syadzilli, Muhammad Fatih RusydiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Uncontrolled Keywords: Otonomi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:12
Last Modified: 05 Jul 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32452

Actions (login required)

View Item View Item