Analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan pengendalian kehamilan pada Pasangan Usia Subur (PUS) dalam program kampung KB menuju keluarga berkualitas di Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramaista, Mila Annisa (2019) Analisis maslahah mursalah terhadap pelaksanaan pengendalian kehamilan pada Pasangan Usia Subur (PUS) dalam program kampung KB menuju keluarga berkualitas di Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila Annisa Pramaista_C91215065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan program pengendalian kehamilan pada pasangan usia subur (PUS) dalam kampung KB di Kota Mojokerto dan bagaimana analisis maslahah mursalah terhadap adanya program tersebut. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendeskripsikan permasalahan yang ada. Kemudian data yang ada dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pikir induktif yakni menggambarkan hasil penelitian secara sistematis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian peneliti memberikan pemecahan persoalan dengan teori yang bersifat umum. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini; Pertama, pelaksanaan program pengendalian kehamilan pada PUS dalam kampung KB. Salah satu cara adalah melalui penggunaan kontrasepsi KB. Dengan pelaksanaan sebagai berikut; 1) Para kader terjun langsung ke rumah-rumah untuk mengajak ber-KB, 2) Pendampingan penggunaan secara langsung kepada PUS untuk pemasangan alat kontrasepsi, 3) Pendampingan terhadap PUS yang melakukan steril di rumah sakit, 4) Keringanan biaya dari pemerintah untuk mengikuti KB, 5) Pendampingan secara langsung terhadap PUS yang mempunyai balita terkait pertumbuhan anak. Kedua, ketentuan tersebut juga mengandung maslahah, masuk dalam konteks maslahah hajiyyah yang dimana dengan adanya program ini merupakan salah satu jalan terbaik untuk menurunkan angka kelahiran dan sebagai upaya mengatasi pertumbuhan penduduk di Kota Mojokerto. Serta dari ketentuan tersebut memunculkan maslahah mursalah dalam konteks memelihara jiwa yaitu dalam menghindarkan resiko kematian ibu melahirkan 4T (Terlalu muda, Terlalu tua, Terlalu banyak, dan Terlalu dekat). Diharapkan dengan berhasilnya program pengendalian kehamilan di Kota Mojokerto ini, dapat menjadi contoh untuk kota lain yang pertumbuhan penduduknya terus meningkat, sebagai upaya menurunkan angka kelahiran dalam mengatasi pertumbuhan penduduk di kota tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramaista, Mila Annisamilaannisa9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Keluarga Berencana
Keywords: Pasangan Usia Subur; PUS; Kampung KB
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Pramaista Mila Annisa
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:09
Last Modified: 11 Jul 2019 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32445

Actions (login required)

View Item View Item