Optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo Banyuputih Situbondo tahun pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jasilah, Jasilah (2009) Optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo Banyuputih Situbondo tahun pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jasilah_D51206216.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berangkat dari permasalahan Pembelajaran Agama Islam yang dilakukan oleh guru agama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibrahimy 2 Sukorejo Banyuputih Situbondo yang merupakan lembaga pendidikan swasta yang stressing pembelajarannya dalam bidang keimanan dan ketaqwaan adalah dapat di pandang suatu usaha untuk mengubah tingkah laku siswa dengan bahan pengajaran agama. Tingkah laku yang baik diharapkan itu terjadi setelah siswa mempelajari pelajaran agama yang dikatakan sebagai basil belajar siswa dalam bidang pengajaran agama. Bersadarkan fokus masalah menarik untuk dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dengan maksud untuk mengetahui dan mendiskripsikan secara jelas tentang masalah yang diteliti. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMK Ibrahimy 2 Sukorejo meliputi : sejatah singkat berdirinya SMK Ibrahimy 2 Sukorejo, letak geografis, struktur organisasi, sarana dan prasarana, keadaan pimpinan, guru, dan karyawan, keadaan siswa, Visi, misi, tujuan dan sasaran SMK Ibrahimy 2 Sukorejo. Sedangkan temuan penelitian diantaranya, optimalisasi pembelajaran PAI yang dilakukan adalah pendekatan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas, dan juga pembiasaan-pembiasaan yang terkait dengan materi yang diajarkan, dengan adanya komitinen dan kerjasama dari semua pihak yang ada di sekolah maka akhlak siswa SMK Ibrahimy sudah bisa dikatakan bagus hal ini dapat dilihat dari tingkah laku siswa, tutur kata yang sopan dan cara berpakaian yang rapi dan islami, Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa akhlak siswa SMK Ibrahimi 2 Sukorejo sudah bagus, karena dalam pembelajaran PAI menggunakan pendekatan-pendekatan dan metode yang bervariasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jasilah, JasilahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Pembelajaran PAI; Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:13
Last Modified: 04 Jul 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32440

Actions (login required)

View Item View Item