Penerapan metode "Pullman" dalam pemecahan masalah kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTsN Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Liyah, Liyah (2010) Penerapan metode "Pullman" dalam pemecahan masalah kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTsN Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liyah_D31206029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang sering kali muncul dalam pengajaran PAI khususnya bahasa Arab adalah timbulnya kejenuhan untuk mengakibatkan kurangnya minat belajar siswa. Kejenuhan serta kurangnya minat untuk mempelajari bahasa Arab nampaknya juga terjadi di MTsN Gresik. Adanya pemahaman bahwa bahasa Arab hanyalah identik pada akhirat semata disinyalir menjadi pemicu utama kurangnya minat belajar siswa. Pada permasalahan kurangnya minat belajar dibutuhkan penyelesaikan yang benar-benar diharapkan permasalahan bisa tuntas diselesaikan yaitu dengan penerapan metode "pullman" dalam pemecahan masalahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode "pullman" antara kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan penerapan metode "pullman" dalam pemecahan masalah kurangnya minat belajar siswa) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode "pullman") pada pelajaran bahasa Arab kelas VIII Tahun pelajaran 2009-2010 sebanyak siswa yang terdiri dari delapan kelas (A,B,C,D,E,F,G,U) sebagai populasi, sedangkan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non probabilitas type purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan pada strata, random a-tau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII U (36 Siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII E (36 siswa) sebagai kelompok kontrol. Untuk menganalisa data dengan analisis statistik uji "t" (rumus fisher). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan minat belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode "pullman" cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Liyah, LiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Pullman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:49
Last Modified: 04 Jul 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32437

Actions (login required)

View Item View Item