Efektifitas metode Resource-Based Learning terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Anis (2010) Efektifitas metode Resource-Based Learning terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Fauziyah_D01206221.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu usaha untuk mempertimbangkan perbedaan individual itu adalah pengajaran berdasarkan sumber atau "Resource-Based Learning". Cara belajar yang serupa ini memberi kebebasan kepada anak untuk belajar sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Ia bebas pula belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya. Dengan cara ini kegagalan dan frustasi dapat diatasi. Kurikulum dan metode belajar berdasarkan sumber ini mendapat dukungan dari para ahli ilmu jiwa yang mementingkan kesehatan mental anak, dan oleh golongan "progresif' yang memberi kebebasan kepada anak dalam pemilihan topik yang akan dipelajarinya dengan meneliti berbagai sumber dalam perpustakaan, laboratorium, maupun di luar sekolah. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang efektifitas metode Resource Based Learning terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan metode Resource-Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya? 2. Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya? 3. Adakah efektifitas metode Resource-Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya?. Untuk pengujian hipotesis penulis gunakan analisis data kuantitatif dengan rumus uji "T". Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Adapun untuk menjawab nunusan masalah pertama dan kedua peneliti melakukan observasi yaitu dengan mencari nilai rata-rata selama dua pertemuan, sedangkan untuk menjawab nunusan masalah yang ketiga peneliti menggtmakan rumus uji "T". Berdasarkan hasil penyajian data dan analisis data, diperoleh pelaksanaan metode Resource-Based Learning pada mata pelajaran PAI yang dilaksanakan di SMP Unggulan Amanatul Ummah adalah tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dari data hasil observasi yang sudah dianalisis dengan rata-rata 3,6 selama dua pertemuan. Adapun tentang keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Unggulan Amanatul Ummah tergolong sangat baik. Hal ini terbukti dari data hasil observasi yang sudah dianalisis dengan rata-rata 3,4 selama dua pertemuan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus uji T yang menghasilkan nilai t hitung = 7,26. Jika dikonsultasikan dengan tabel t dengan db = 57 pada taraf signifikasi 1% = 2,66. Berarti t hitung > t tabel (7,26 > 2,66) Jadi, ada efektifitas metode Resource-Based Learning terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PM di SMP Unggulan Amanatul Ummah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, AnisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Resource Based Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 04 Jul 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item