مشكلات تعليم القراءة باستعمال الكتاب المبادئ الفقهية في شعبة اللغة العربية بالمدرسة الثانوية طريق العلوم ساجين باجيت موجوكيرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Mansyur, Jakfar (2012) مشكلات تعليم القراءة باستعمال الكتاب المبادئ الفقهية في شعبة اللغة العربية بالمدرسة الثانوية طريق العلوم ساجين باجيت موجوكيرطا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jakfar Al Mansyur_D0225056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasari atas asumsi penulis bahwa bahasa Arab khususnya qira'ah merupakan materi yang telah diajarkan di berbagai lembaga pendidikan khususnya pendidikan agama. Sedangkan memahaminya bukannlah soal mudah karena qira'ah merupakan bagian dari bahasa Arab yang termasuk bahasa asing, sehingga ditemukan banyak kesulitan dalam mengajarkannya, tidak terkecuali proses pengajaran qira'ah pada program bahasa Arab yang dimulai kelas VII hingga kelas IX. Sedangkan siswa-siswanya mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memahami pelajaran tersebut karena sebagian besar adalah lulusan SD. Atas dasar pennasalahan di atas, maka tujuan penyusunan skripsi ini adalah ingin mengetahui sejauh mana problematika pengajaran qira'ah di program bahasa tersebut dan bagaimanakah proses pengajarannya serta bagaimana solusi-solusi yang sesuai untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif dan Kuantitatif dengan menggunakan Prosentase. Untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan lima metode yaitu Observasi, Wawancara, Quisioner, Dokumentasi, dan Analisis Data. Setelah mendapatkan data, penulis menganalisa sesuai dengan jenis datanya. 'Hasil penulisan skripsi ini adalah: Kesulitan-kesulitan pengajaran Qira'ah dengan menggunakan kitab "Mabadi' al-Fiqhiyah" di sekolah tersebut berjalan cukup baik, seperti halnya pengajaran-pengajaran lainnya. Walaupun dilihat dari segi tujuan kurang sesuai dengan kurikulum yang ada. Namun dari segi metode dan materi yang disampaikan pada murid telah sesuai dengan tujuan yang dimiliki. Namun ada juga yang perlu mendapatkan perhatian yaitu tidak adanya media pengajaran sebagai sarana mempennudah siswa dalam mempelajari bahasa Arab pada umumnya dan qira'ah khususnya. Permasalahan pengajaran qira'ah di sekolah ini antara lain: kurangnya waktu yang tersedia, adanya latar belakang pendidikan siswa yang berbeda, tidak adanya lingkungan yang mendukung, dan tidak adanya media pengajaran. Usaha-usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain: panambahan waktu untuk mengajarkan materi qira'ah, pemberian pelajaran qira'ah tambahan atau semacam les bagi siswa yang berasal dari SD, menciptakan lingkungan yang mendukung ketika proses belajar mengajar berlangsung, mewujudkan atau mengadakan media pengajaran yang sesuai untuk pengajaran bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Mansyur, Jakfar--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Pengajaran; Qira'ah; Kitab Mabadi al Fiqhiyyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:18
Last Modified: 03 Jul 2019 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32419

Actions (login required)

View Item View Item