Peranan Fatayat NU PAC Beji Desa Gajah Bendo dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang Pendidikan Agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Aslichatur (2010) Peranan Fatayat NU PAC Beji Desa Gajah Bendo dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aslichatur Rosyidah_D01206195.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana peranan Fatayat NU PAC Beji untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang Pendidikan Agama Islam? 2. Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di Desa Gajah Bendo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Untuk proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan prosedur yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan masalah di atas dapat disimpulkan bahwa peranan Fatayat NU PAC Beji Desa Gajah Bendo dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang PAI meliputi tiga bidang, 1) bidang pelatihan : kebijakan dalam bidang pelatihan ini berusaha melibatkan seluruh struktur dan berusaha mewadahi seluruh potensi kader yang ada sebagai upaya penyaringan kader. 2) bidang pendidikan : bagi pendidikan di fatayat NU adalah untuk meningkatkan SDM dengan mempunyai seperangkat pengetahuan, pengalaman, minat dan bakat. 3) bidang keorganisasian : ini merupakan konsep berorganisasi yang mengkaji keterkaitan dimensi prilaku, komponen sistem dalam kaitannya dengan perubahan dan pengembangan organisasi. Sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat 1) Di bidang pelatihan, internal dan eksternal : pelaksanaan kegiatan yang dibuat pengurus fatayat didukung oleh anggota dan ditunjang dalam segi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki, adanya dukungan dari pemerintah dan sambutan dari warga masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pelatihan. Sedangkan faktor penghambat, internal dan eksternal : Anggota Fatayat kebanyakan ibu-ibu muda yang disibukkan kegiatan rumah tangga, terbatasnya fasilitas bangunanan dan persoalan dana. 2) Di bidang pendidikan, internal dan eksternal : Adanya sambutan yang baik dari anggota, SDM bisa ditingkatkan melalui pendidikan sehingga terealisasikan dalam anak didik mereka, hubungan antara pemerintah dan para ulama' teijalin dengan baik, fatayat menekankan anak didiknya lebih ditingkatkan dalam segi pendidikannya dan masyarakat turut berpatisipasi dengan cara memberikan sumbangan dana atau menjadi donator. Sedangkan faktor penghambat internal dan eksternal : belum bisa mendirikan PAUD, Persoalan dana dan terbatasnya fasilitas bangunan. 3) Di bidang keorganisasian, internal dan eksternal : Anggota bisa mengerti anti dari berorganisasi yang telah diatur dalam PDPRT dan PPAO baik internal maupun eksternal, adanya dukungan dari suami dan hubungan anggota Fatayat dengan alumni terjalin baik. Sedangkan faktor penghambat, internal dan eksternal : Terbatasnya fasilitas bangunan dan Persoalan dana, anggota merupakan tantangan besar untuk dapat mendidik dan berpotensi dan tidak terpengaruh dampak negatif yang ada diluar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, AslichaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Sumber Daya Manusia
Nahdlatul Ulama
Uncontrolled Keywords: Fatayat NU; Fatayat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:01
Last Modified: 03 Jul 2019 08:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32418

Actions (login required)

View Item View Item