Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Takengon nomor 60/Pid.Sus.LH/2017/PN.Tkn tentang tindak pidana pembalakan liar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diana, Devi Rahma (2019) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Takengon nomor 60/Pid.Sus.LH/2017/PN.Tkn tentang tindak pidana pembalakan liar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Rahma Diana_C03215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan hukum dalam putusan Pengadilan Negeri Takengon Nomor 60/Pid.Sus.LH/2017/PN.Tkn setelah hakim memeriksa bukti-bukti yang diajukan oleh penuntut umum, dan mempertimbangkan fakta-fakta hukum serta hal yang meringankan dan memberatkan majelis hakim memutus terdakwa yaitu melakukan tindak pidana pembalakan liar dan menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan dan pidana denda sebesar Rp. 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka akan diganti dengan pidana penjara selama 4 (empat) bulan. Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana pembalakan liar menurut hukum pidana Islam, hukuman bagi pelaku adalah hukuman jari<mah ta’zi<r yaitu berupa hukuman kawalan atau penjara dan hukuman harta yakni ghara>mah (ganti rugi/denda). Sedangkan keputusan hakim dengan mempertimbangkan hal yang memberatkan dan meringankan menjatuhkan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan dan denda sebesar Rp. 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta rupiah). Berdasarkan hukuman yang dijatuhkan terhadap terdakwa belum sesuai karena dalam hal ini hakim memutus pidana denda melanggar ketentuan batas minimum pasal 82 ayat (1) huruf c Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 yang ancaman hukuman sudah ditentukan batas minimal dan maksimalnya, yaitu pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 2.500.000.000 (dua milyar lima ratus juta rupiah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diana, Devi Rahmadevirahmadiana11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Lingkungan Hidup
Uncontrolled Keywords: Pembalakan Liar; Penebangan Liar; Penebangan Pohon Hutan Lindung
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Diana Devi Rahma
Date Deposited: 09 Jul 2019 06:35
Last Modified: 09 Jul 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32415

Actions (login required)

View Item View Item