Penerapan teori kecerdasan beragam sebagai upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas X2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Muji (2010) Penerapan teori kecerdasan beragam sebagai upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas X2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muji Rahayu_D31206025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini sebagai media pelaporan hasil penelitian untuk menjawab bagaimana penerapan teori kecerdasan beragam sebagai upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Secara teoritis teori kecerdasan beragam memandang setiap anak memiliki kelebihan. Dari kelebihan tersebut teori kecerdasan beragam berusaha menjadikan kegiatan belajar mengajar dapat diperkaya dan disesuaikan dengan keinginan anak didik. Para pengajarpun diuntungkan dengan konsep ini karena kecerdasan beragam mampu mendorong untuk merancang sebuah pengajaran yang tidak membosankan. Dengan memahami keanekaragaman siswa melalui kecerdasan beragam, peserta didik akan merasa dirinya tidak bodoh. Mereka merasa memiliki kemampuan atau kelebihan sama seperti teman-teman mereka yang lain. Peneliti ingin mencoba memenuhi kebutuhan siswa yang beragam saat belajar. Kebutuhan akan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Namun pada penerapan teori kecerdasan beragam di SMA Negeri I Taman ini, difokuskan untuk menumbuhkan kemampuan psikomotor anak didik karena dipadang ranah kognitif dan afektif siswa sudah sangat terpenuhi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif, sebuah penelitian yang mana dalam prosedur penelitiannya mengghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan perilaku yang diamati. Sementara pengumpulan datanya melalui: observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data induktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat dikatakan teori kecerdasan beragam merupakan sebuah teori yang mengatakan bahwa manusia itu belajar dan menunjukkan kecerdasan mereka dalam berbagai cara dan bagian otak yang berbeda-beda itu menentukan berbagai indikator kecerdasan yang berbeda pula. Untuk lebih jelasnya penulis menyajikan penjelasan tentang teori kecerdasan beragam sebagai upaya meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI dari berbagai referensi yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, MujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Teori Kecerdasan Beragam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:31
Last Modified: 03 Jul 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32405

Actions (login required)

View Item View Item