Aplikasi Model Desain Sistem Pembelajaran Assure (Analyze Learner, State Objectives, Select Methods, Media And Materials, Utilize Media And Materials, Require Learner Participation, Evaluate, And Revise) dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada matap pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shabrina, Shabrina (2010) Aplikasi Model Desain Sistem Pembelajaran Assure (Analyze Learner, State Objectives, Select Methods, Media And Materials, Utilize Media And Materials, Require Learner Participation, Evaluate, And Revise) dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pada matap pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shabrina_D31206006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia membutuhkan proses pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan tersebut sebagai upaya bagi manusia untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan kehidupan, dan sebagai usaha untuk menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang berperan untuk menciptakan proses belajar bagi siswa. Serta agar tercipta proses pembelajaran yang efektif maka guru harus dapat menggunakan model desain pembelajaran yang menarik, salah satunya dengan Model ASSURE, yaitu suatu panduan mengenai cara melaksanakan instruksional dalam pembuatan media, dan dilakukan di dalam kelas. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaplikasian model desain ASSURE pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 surabaya dan menciptakan pembelajaran yang efektif di SMP Negeri 2 Surabaya. Bentuk penelitian mi menggunakan penelitian eksperimen,dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dua pihak, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam basil kesimpulan ini, ada pengaruh aplikasi model desain ASSURE dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan akhir uji t yang menunjukkan nilai t hitung = 6,18 > nilai t tabel = 2. sehingga tingkat pengaruh aplikasi model desain ASSURE dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dapat dikategorikan cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shabrina, ShabrinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Assure; Analyze Learner; State Objectives; Select Methods; Media And Materials; Utilize Media And Materials; Require Learner Participation; Evaluate; And Revise
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:55
Last Modified: 03 Jul 2019 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item