AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI RIWAYAH "AL RABI' AL A'SHIF" LI nAJIB AL KAILANI : DIRASAH AL ADABIYAH

Hayati, Nur (2014) AL ANASHIR AL DAKHILIYAH FI RIWAYAH "AL RABI' AL A'SHIF" LI nAJIB AL KAILANI : DIRASAH AL ADABIYAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Unsur-unsur Intrinsik dalam Novel “Badai Musim Semi”
Karya Najib Al-Kailani
Novel Al-Rabi. Al-A.shif adalah sebuah Novel yang menggambarkan kisah perjalanan cinta seorang suster bernama Manal yang cintanya diperebutkan oleh tokoh dan saudagar di desa Syarsabah. Cerita bermula dari kedatangan Manal
ke desa Syarsabah untuk menjadi suster di rumah sakit Al-Wihdah Mujma.ah,dari situlah para tokoh dan saudagar kaya bersaing untuk mendapatkan cinta Manal akan tetapi Manal lebih memilih dr. Ramzi yang sama-sama bekerja di rumah sakit tersebut. Perjalanan cinta Manal ini juga menggambarkan fenomena social masyarakat Syarsabah.
Novel Karya Najib Al-Kailani ini sangat menarik untuk dikaji karena disamping dari segi tema, tokoh, alur, setting dan amanatnya yang menarik juga gaya bahasa yang dipakai sangat menarik untuk diteliti. Oleh karena itu Penulis tertarik untuk menelitinya dengan menggunakan teori struktualisme. Teori strukturalisme yaitu teori yang dipakai untuk melihat Unsur-unsur yang membangun suatu karya tersebut, tersusun dan saling berkaitan atau biasa dikenaL dengan pendekatan Intrinsik. Pada pendekatan ini berarti akan ditemukan tema, tokoh, alur, setting, amanat dan gaya bahasa karya tersebut.
Dengan demikian, Penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memaparkan dan menganalisa Unsur-unsur Intrinsik Novel Al-Rabi. Al-„Ashif Karya Najib Al-Kailani yang di Indonesia sendiri sudah diterjemahkan dengan judul “Badai Musim Semi” yang baru diterbitkan April 2113.
Hasil dari penelitian ini didapatkan tema dari Novel Al-Rabi. Al-„Ashif adalah perjalanan cinta seorang suster, adapun tokoh utama dalam Novel ini adalah Manal dengan menggambarkan tiga setting yaitu: tempat, waktu dan social. Adapun alur yang dipakai yaitu alur maju dengan bahasa yang indah dan menarik, sementara itu amanat dalam Novel Al-Rabi. Al-„Ashif menyarankan bahwa sesungguhnya sesuatu itu didapat tidak satu-satunya dengan uang dan jabatan semata tetapi dibutuhkan usaha dan bukti yang kuat.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Unsur Intrinsik; Novel;
Subjects: Bahasa Arab
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2015 06:08
Last Modified: 06 Feb 2015 06:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item