Pengaruh metode Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah pada bidang study Al Qur'an Hadits di SMA Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahruddin, Imam (2010) Pengaruh metode Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah pada bidang study Al Qur'an Hadits di SMA Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Fahruddin_D01304161.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam Metode Discovery Learning, materi pembelajaran tidak disajikan dalam bentuk yang monoton, siswa di didik agar lebih kreatif dan mandiri serta didorong dan dimotivasi untuk menemukan konsep sendiri. Selain itu siswa di didik agar mampu mengaplikasikan dan menghubungkan materi pembelajaran yang ada di kelas dengan fenomena yang Ada dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan permasalahan yang diambil adalah bagaimana penerapan Metode Discovery Learning pada bidang study Al Qur'an Hadits, bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang study Al Qur'an Hadits dan adakah pengaruh Metode Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah pada bidang study Al Qur'an Hadits di SMA Bani Hasyim Lengkong Cerme Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif, metode yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data statistik. Dari hasil observasi penerapan Metode Discovery Learning mendapatkan prediket baik dengan angka 82,67 adapun prestasi belajar siswa SMA Bani Fiasyim Lengkong dengan angka 7,8. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar tersebut termasuk dalam kategori baik sedangkan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh Metode Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah pada bidang study Al Qur'an Hadits hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik "product moment" sebesar 0,707 maka antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang tinggi maka Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahruddin, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Discovery Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:32
Last Modified: 02 Jul 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32392

Actions (login required)

View Item View Item