Implementasi program akselerasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Lailatul (2010) Implementasi program akselerasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mukarromah_D01206223.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Implementasi Program Akselerasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sidoarjo; (2) Untuk Mengetahui Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Akselerasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sidoarjo, dan (3) Untuk Mengetahui Bagaimana Respon Para SiswaSiswi Tentang Diterapkannya Pgoram Akselerasi di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif-Kualitatif. Yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dan jenis penelitiannya adalah menggunakan teknik analisis Deskriptif (non statistik), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan katakata atau kalimat yang dipisahkan untuk kategori untuk memperoleh kesimpulan. Hasil dan penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya, secara umum pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas akselerasi SMA Negeri 1 Sidoarjo adalah tidak jauh berbeda dengan pelaksanan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas reguler. Meliputi: sistem pembelajaran, dan sistem evaluasinya. Demikian pula halnya dengan kegiatan-kegiatan di luar kelas, seperti kegiatan ekstrakurikuler. Hanya saja yang membedakaannya dengan kelas reguler bahwa kelas akselerasi diperuntukkan bagi anak-anak yang luar biasa cerdas dan memiliki keunggulan dalam kecepatan berfikir. Dengan kurikulum yang dikembangkan (secara berdiferensiasi) disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa berbakat. Yaitu waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pendidikan program akselerasi lebih cepat dari pada program reguler pada umumnya. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas akselerasi, ada Beberapa faktor yang mempengaruhi. Baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Salah satu faktor pendukung tersebut disamping pihak sekolah- yang diharapkan mampu menyelenggarakan program akselerasi khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ini secara efektif dan efisien, dukungan positif dan partisipasi aktif pihak orang tua dan masyarakat serta pemerintah juga diperlukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Program Akselerasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:53
Last Modified: 02 Jul 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32390

Actions (login required)

View Item View Item