Pengaruh penerapan teori Operant Conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rianti, Tutuk Eva (2010) Pengaruh penerapan teori Operant Conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tutuk Eva Rianti_D01206143.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya dan juga mengembangkan kemampuan sikap dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya dalam masyarakat dimana ia hidup. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Pemahaman seorang guru terhadap pengertian pembelajaran akan mempengaruhi cara guru itu mengajar. Untuk itu perlu banyak pengetahuan tentang teori-teori bagaimana cara mengajar yang profesional dan juga yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik di sekolah. Adapun judul dari skripsi ini adalah pengaruh penerapan teori Operant Conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan teori Operant Conditioning B. F. Skinner di MA Assa'idiyah; (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah; (3) Apakah ada pengaruh penerapan teori Operant Conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah Subjek penelitian ini adalah 69 siswa di MA Assa'idiyah yang terdiri dari 23 siswa kelas X, 25 siswa kelas XI, dan 21 siswa kelas XII. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi untuk memperoleh data tentang pelaksanaan teori Operant Conditioning di MA Assa'idiyah; (2) Angket untuk memperoleh data tentang pelaksanaan teori Operant Conditioning dan motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak; (3) interview dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum obyek penelitian. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan teori Operant Conditioning berjalan dengan baik; (2) motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak tergolong baik; (3) Pengaruh pengaruh penerapan teori Operant Conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah, berdasarkan analisis diperoleh "rxy" hasil perhitungan = 0,9147 dengan jumlah responden 69 siswa sedangkan "r" pada tabel koefisien korelasi product moment taraf signifikan 5% adalah 0,250. Jadi "rxy" perhitungan lebih besar dari nilai "r" pada tabel, maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi ada pengaruh penerapan teori Operant Conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MA Assa'idiyah. Hal ini berdasarkan pada "r" perhitungan yaitu 0,9147 yang berada di antara 0,90-1,00 yang mana interpretasinya adalah sangat tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rianti, Tutuk EvaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Operant Conditioning B.F. Skinner; Operant Conditioning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 02 Jul 2019 04:47
Last Modified: 02 Jul 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

View Item View Item