Implementasi Maqashid Syariah pada masyarakat petani Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafi'udin, Rafi'udin (2019) Implementasi Maqashid Syariah pada masyarakat petani Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafi'udin_G04215028.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ‘Implementasi Maqashid Syariah Masyarakat Petani Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo’ bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu: Bagaimana Implementasi Maqashid Syariah pada masyarakat petani desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo dan Bagaimana permasalahan implementasi dari Maqasid as-Syari’ah di desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus relasi ekonomi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisa secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yang pertama; implementasi Maqasid As-Syari’ah menjadi sangat penting bagi sumber daya manusia sendiri demi tercapai nilai sosial-ekonomi yang baik untuk lingkungan masyarakat petani desa Selomukti sendiri. Sebagaimana tujuan dari hidup di setiap dimensi Maqasid As-Syari’ah yang lima adalah menjaga dan memelihara agama, jiwa, akal, keturunan dan harta demi sebaik-baiknya hidup di dunia dan di akhirat. Kedua; permasalahan implementasi di setiap indikator dalam lima dimensi Maqasid As-Syari’ah menjadi tanda bahwa masyarakat masih belum sepenuhnya paham dari tujuan syariat yang harus di penuhi sebagai dasar dari nilai kesejahteraan dan kemaslahatan yang wajib di capai manusia sendiri sebagai wakil Allah SWT di dunia dengan menjaga dan memelihara alam beserta isinya dengan landasan indikator di lima dimensi pada Maqasid As-Syari’ah. Sehingga dalam kesimpulannya, implementasi Maqasid As-Syari’ah pada masyarakat petani desa Selomukti menjadi ‘momok’ dalam mengembangkan serta menciptakan suasana kehidupan masyarakat yang baik dalam menciptakan kemaslahatan bagi manusia sendiri di dunia dan di akhirat kelak. Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran yang dapat menjadi masukan untuk pemerintah daerah, kecamatan dan Desa, adalah sistem pendataan yang harus lebih di integrasikan dan lebih baik lagi. Mengingat setiap kebijakan adalah harapan seluruh warga, kondisi sosial dan ekonomi penduduk wajib memiliki ke akuratan data yang baik juga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafi'udin, Rafi'udinrafiudinzanky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Islam; Manusia; Maqashid as syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rafi'udin Rafi'udin
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:31
Last Modified: 02 Jul 2019 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32368

Actions (login required)

View Item View Item