Pengorganisasian masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui pertanian Hortikutura ramah lingkungan di Dusun Balongkore Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saraswati, Erviana Eka (2019) Pengorganisasian masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui pertanian Hortikutura ramah lingkungan di Dusun Balongkore Desa Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erviana Eka Saraswati_B92215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat dalam membangun ketahanan pangan yang disebabkan oleh rendahnya tingkat kemandirian masyarakat dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan. Problem yang timbul dalam masyarakat yakni rendahnya sebuah kesadaran masyarakat dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan secara mandiri, belum termanfaatkannya lahan pekarangan sebagai sumber kebutuhan pangan, dan juga belum berfungsinya Gapoktan untuk mendukung dan membantu dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan. Selain itu terdapat beberapa tujuan dalam pengorganisasian ini antara lain yaitu unruk menemukan sebuah strategi ataupun cara dalam membangun serta meningkatkan ketahanan pangan dan membangun kesadaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Pendekatan ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Pendekatan ini merupakan sebuah metode yang melibatka masyarkat secara aktif dalam memahami sebuah problem yang sedang mereka hadapi. Selain itu metode ini juga mengajak untuk lebih berpartisipasi dalam menyelesaikan problem mulai dari proses awal membuat program, pelaksanaan program, hingga evaluasi program guna untuk keberlanjutan program. Pengorganisasia yang dilakukan saat ini yaitu mengajak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan menggunakan konsep pertanian hortikultura ramah lingkungan. Pengorganisasaian yang dilakukan peneliti bersama masyarakat yaitu melakukan pelatihan mulai dari menyiapkan media tanam, setelah itu melakukan tata cara menanam tanaman pangan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menanam tanaman pangan. Selain itu untuk melakukan proses perawatan serta penyembuhan penyakit pada tanaman maka peneliti juga melakukan pembelajaran membuat POC (Pupuk Organik Cair) dari dua cara yang berbeda. Perubahan yang telah dicapai melalui kegitan ini adalah masyarakat mulai memiliki kesadaran dalam pemenuhan kebutuhan pangan secaara mandiri. Sehingga dari hal tersebut tentu dapat meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga di Dusun Balongkore Desa Ngadirejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saraswati, Erviana Ekaerviana0123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Pangan; Pertanian Hortikutura
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Saraswati Erviana Eka
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:17
Last Modified: 01 Jul 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32360

Actions (login required)

View Item View Item