Pengaruh penerapan strategi Synergetic Teaching terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suci, Wahyu Sri Wulan (2010) Pengaruh penerapan strategi Synergetic Teaching terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Sri Wulan Suci_D31206007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi semangat belajar siswa adalah adanya pembelajaran yang bersifat monoton, dalam arti saasana proses pembelajaran yang fakum dan tidak ada variasi dalam pembelajaran, baik variasi siswa (Islam belajar atau variasi guru dalam mengajar. Diantara jenis variasi guru dalam mengajar adalah adanya variasi dibidang strategi mengajar yang diantaranya adalah dengan memakai strategi synergetic teaching, dimana guru membagi siswa dalam dua kelompok dengan dua cara belajar yang berbeda yang kemudian diadakan perbandingan kompetensi masing-masing siswa. Semuanya itu adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi synergetic teaching pada bidang studi pendidikan agama islam di SMP Bina Bangsa Surabaya (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang pendidikan agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya? (3) Adakah pengaruh penerapan strategi synergetic teaching pada bidang studi pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMP Bina Bangsa?. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional jenis Kausal atau hubungan sebab akibat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, interview, dokumentasi dan observasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang penerapan strategi synergetic teaching. Interview digunakan untuk mencari data tentang sejarah berdirinya lembaga. Dokumentasi di gunakan untuk mencari data tentang prestasi belajar, jumlah guru, jumlah siswa, jumlah sarana dan prasarana. Observasi digunakan untuk mencari data tentang keadaan umum SMP Bina Bangsa Surabaya, letak geografis sekolah, pelaksanan proses pembelajaran di kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suci, Wahyu Sri WulanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Synergetic Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 01 Jul 2019 05:47
Last Modified: 01 Jul 2019 05:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item