Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dalam Pembelajaran PAI di SMP YPM 3 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Zumro'us (2010) Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dalam Pembelajaran PAI di SMP YPM 3 Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumro'us Sa'adah_D01304253.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007 tentang standar proses dalam pembelajaran PAI di SMP YPM 3 Taman. Penelitian skripsi ini di latar belakangi oleh upaya guru PAI untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang materi PAI. Tingkat pemahaman siswa dipengaruhi oleh beberapa factor, yang mana diantara faktor tersebut adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI. Karena proses pembelajaran memegang peranan penting dalam mudah atau tidaknya siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu guru dituntut untuk kreatif, menyenangkan serta memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih metode pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian skripsi ini adalah ingin mengetahui sejauh mana implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang standar proses dalam pembelajaran PAI, khususnya di SMP YPM 3 Taman. Hai in dikarenakan sebab SMP YPM 3 Taman sudah menerapkan peraturan tersebut sejak pertama kali peraturan tersebut digulirkan. Adapun hasil penelitian ini, tingkat prosentase penerapan tiap-tiap item Permendiknas No.41 tentang standar proses dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI di SMP YPM 3 Taman sebagai berikut: 1. Perencanaan proses pembelajaran mencapai 98,52%, silabus dan RPP yang dibuat sesuai dengan apa yang tertuang dalam permendiknas No.41. Sehingga dapat dikatakan penerapannya sangat baik. 2. pelaksanaan proses pembelajaran mencapai 88,89%. komponen pelaksanaan proses pembelajaran guru-guru PAI di SMP YPM 3 Taman kreatif dalam mengelola kegiatan pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang mereka lakukan selalu berusaha membawa pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga dapat dikatakan penerapannya sangat baik. 3. Penilaian hasil pembelajaran mencapai 93,75%. Hasil penilaian yang dilakukan menerapkan prinsip-prinsip yang mengacu pada permendiknas tersebut sehingga dapat dikatakan sangat baik. 4. Pengawasan proses pembelajaran mencapai 92,30%, Kepala Sekolah senantiasa memonitoring kerja para guru PAI yang ada di SMP YPM 3 Taman. Pengawasan tersebut mulai dari perencanaan pembelajaran yang dibuat, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di kelas sampai penilaian hasil pembelajaran Dapat disimpulkan bahwa guru PAI yang ada di SMP YPM 3 Taman, telah menerapkan Permendiknas No. 41 dengan sangat baik karena proses pembelajaran yang dilakukan telah memenuhi komponen yang ada dalam Permendiknas No. 41 tersebut

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Zumro'usUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Uncontrolled Keywords: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dalam Pembelajaran PAI; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007; Standar Proses dalam Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 01 Jul 2019 05:13
Last Modified: 01 Jul 2019 05:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32353

Actions (login required)

View Item View Item