Telaah Evaluatif Pendidikan Islam terhadap Progresivisme tentang Kebebasan Manusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, M. Ludfi Khambali (2010) Telaah Evaluatif Pendidikan Islam terhadap Progresivisme tentang Kebebasan Manusia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ludfi Khambali Abdillah_D01304185.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian tentang kebebasan manusia dalam bidang pendidikan menjadi sangat penting untuk dibicarakan, karena kebebasan sendiri masih multi persepsi khususnya dalam keterkaitannya dengan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang konsep kebebasan manusia dalam pendidikan Islam. Disamping itu, untuk mengetahui evaluasi pendidikan Islam terhadap progressivisme tentang kebebasan manusia. Progressivisme adalah aliran filsafat pendidikan yang berkembang di Amerika Serikat yang dimotori oleh Jhon Dewey. Konsep kebebasan manusia dalam pendidikan Islam diambil dari buku-buku yang khusus membahas tentang kebebasan manusia. Adapun pemikiran Progressivisme ten-tang kebebasan manusia diambil dari buku-buku yang membahas tentang progressivisme dan bebarapa tokohnya. Dengan menggunakan metode komparasi dan metode berfikir deduktif induktif serta dengan pendekatan filosofis, baik analisa bahasa maupun analisa konsep, kemudian dibahas dan dipaparkan pemikiran pendidikan Islam dan progressivisme tentang kebebasan manusia. Yang selanjutnya dilakukan upaya evaluasi terhadap progressivisme dalam kerangka pemikiran pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia, baik pendidik maupun peserta didik dalam pendidikan Islam, mempunyai wilayah kebebasan yang mengacu pada tujuan pendidikan Islam. Yang disusun berdasarkan pandangan yang holistik tentang manusia. Sedangkan dalam Progressivisme, tujuan pendidikan kurang didasarkan pada pandangan holistik tentang manusia. Sehingga "Out Put" pendidikan nantinya adalah manusia-manusia yang tidak utuh kepribadiannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, M. Ludfi KhambaliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Evaluatif Pendidikan Islam; Progresivisme; Kebebasan Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:42
Last Modified: 01 Jul 2019 03:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32350

Actions (login required)

View Item View Item