Efektifitas sistem asrama (Islamic Boarding School) dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di MA Bilingual Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Uyun, Qurrotul (2010) Efektifitas sistem asrama (Islamic Boarding School) dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di MA Bilingual Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrotul 'Uyun_D01206176.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menghadapi perkembangan zaman yang dinamis, semakin lama- perilaku keagamaan siswa semakin terkikis. Telah ditempuh berbagai Cara untuk mengatasi problem tersebut. Salah Satunya yaitu dengan berlakunya sistem asrama pada sebagian lembaga pendidikan. salah satu lembaga yang menerapkan sistem ini yaitu MA Bilingual Krian Sidoarjo dalam bentuk pesantren "Al-Amanah". Adapun tujuan penelitian ini adalah• (1). Untuk menjelaskan sistem asrama yang dijalankan oleh pesantren, (2) Untuk menjelaskan perilaku keagamaan siswa, (3) Untuk menguji efektifitas sistem asrama dalam membentuk perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan untuk pengujian efektifitasnya menggunakan Uji-t satu sampel. Populasinya adalah siswa MA kelas XII sebanyak 36 siswa. Penelitian ini berupa penelitian popolasi karena jumlabnya kurang dari 100. Metode pengumpulan data dilakukan me1alui observasi, interview, dan penyebaran angket. Analisis datanya Menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelition menunjukkan bahwa: (1) Sistem asrama memang dijalankan di MA B1ingua1 Krian Sidorajo, (2) Perilaku keagamaan siswa memang terlihat dan aktifitas sehari-bari dan penyebaran angket yang mennnjukkan nilai perilaku keagamaan siswa termasuk dalam kategori baik karena rata-ratanya 70,7. (3) Terdapat efektifitas sistem asrama dalam membentuk perilaku keagamaan siswa. Kesimpulan ini diperoleh setelah melakukan uji-t satu sampel. Dari hasil diperoleh t hitung sebesar 11,968 dan signifikansinya 0,000. Pada df 29 dan taraf signifikansi 5% dengan nilai t tabel 2,145. karena derajat signifikansi < a yaitu 0,000 > 0,05. Hal ini berarti ada efektifitas sistem asrama dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di MA Bilingual Krian Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Uyun, QurrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Uncontrolled Keywords: Asrama; Islamic Boarding School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:09
Last Modified: 01 Jul 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32348

Actions (login required)

View Item View Item