Pendampingan ibu-ibu PKK dalam peningkatan olahan hasil tambak menuju kemandirian ekonomi di Tambak Beras Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muniroh, Shobahatul (2019) Pendampingan ibu-ibu PKK dalam peningkatan olahan hasil tambak menuju kemandirian ekonomi di Tambak Beras Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shobahatul Muniroh_B92215060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok ibu-ibu PKK Dusun Segunting sebagai upaya membangun kemandirian ekonomi melalui berwirausaha. Dari membangun kesadaran terhadap aset serta memanfaatkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki. Sehingga, aset yang dimiliki dapat dimanfaatkan menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan pendapatan untuk menyejahterahkan perekonomian masyarakat. Pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yaitu pendekatan berbasis aset yang memiliki empat tahapan diantaranya Discovery, Dream, Design, Destiny. Dengan melalui lima tahapan tersebut peneliti mengajak masyarakat untuk mengenali aset atau potensi yang ada didesa tersebut maupun didiri mereka sendiri. Dari menceritakan pengalaman dan cerita sukses masa lalu. Kemudian mengajak masyarakat memimpikan apa yang ingin dicapai. Setelah menemukan potensi yang berupa setiap kelompok masing-masing dari berbagai macam aset yang dapat dibedakan antara lain yaitu aset kepala, aset tangan, dan aset hati. Beberapa aset tersebut merupakan potensi dan keahlian yang dapat dikembangkan secara terus menerus. Dan apa yang impikan atau apa yang ingin dicapai masyarakat berharap menciptakan perubahan peningkatan pendapatan melalui olahan hasil tambak. Aksi yang telah dilakukan oleh masyarakat dalam inovasi pengelolaan hasil tambak yaitu ikan bandeng menjadi bonggolan bandeng sebuah makanan kuliner. Yang terakhir pendamping mengajak masyarakat untuk mengaplikasikan kegiatan yang sudah dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara aksi bersama. Pemberdayan yang dilakukan dalam pendampingan ini adalah tentang wirausaha, inovasi produk, dan pemasaran di toko sekitar.Peneliti menggunakan pendampingan dengan pendekatan berbasis aset untuk melakukan perubahan dan menciptakan kemandirian dalam hal memanfaatkan kekuatan, aset dan potensi yang ada. Melalui proses aksi perubahan seperti melakukan pelatihan membuat bonggolan ikan bandeng, menghasilkan kesadaran masyarakat terhadap aset hasil tambak dengan memanfaatkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki dalam diri mereka. Sehingga ikan bandeng yang awalnya dijual secara mentahan saja sekarang menjadi olahan bandeng yang bernilai jual tinggi setelah adanya sentuhan kreatifitas. Adanya inovasi dalam pengelolahan ikan bandeng mampu meningkatkan pendapatan untuk menyejahterakan prekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muniroh, Shobahatulshobahatul.neny@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Pendampingan ibu-ibu PKK; peningkatan olahan ikan bandeng; kemandirian ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muniroh Shobahatul
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:12
Last Modified: 03 Jul 2019 02:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32347

Actions (login required)

View Item View Item