Analisis Hukum Islam terhadap praktik asuransi kecelakaan PT Jasaraharja Putera di dalam kawasan wisata alam Goa Pinus Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Friska Diah (2019) Analisis Hukum Islam terhadap praktik asuransi kecelakaan PT Jasaraharja Putera di dalam kawasan wisata alam Goa Pinus Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Friska Diah Anggraini_C02215022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Asuransi Kecelakaan PT Jasaraharja Putera di dalam Kawasan Wisata Alam Goa Pinus Malang". Penelitian ini berusaha melihat bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik asuransi kecelakaan PT Jasaraharja Putera di dalam kawasan wisata alam Goa Pinus Malang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disusun dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang prosedur pemecahan penelitiannya mengambil sebuah fakta yang terjadi di lapangan mengenai bagaimana praktik asuransi kecelakaan PT Jasaraharja Putera di dalam kawasan wisata alam Goa Pinus Malang. Kemudian dapat diambil kesimpulan dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan menjabarkan ketentuan secara umum mengenai praktik asuransi kecelakaan PT Jasaraharja Putera di dalam wisata. Kemudian ketentuan tersebut dapat disimpulakan tidak adanya kesesuaian dalam praktik asuransi kecelakaan menurut hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktik asuransi kecelakaan PT Jasaraharja Putera di kawasan wisata alam Goa Pinus Malang, dalam penerapan perjanjian ini menggunakan akad kafa>lah, dimana dalam penerapan akad kafa>lah ini belum sesuai karena pihak penggelola wisata tidak memberikan tanggungjawab kepada pengunjung yang mengalami kecelakaan didalam kawasan wisata tersebut. Dalam analisis hukum Islam, penerapannya belum sesuai, yang mana dalam akad kafa>lah adanya syarat dan rukun yang tidak sesuai. Yang mana pihak sudah memberikan fasilitas asuransi tetapi mereka tidak melakukan apa yang sudah menjadi ketentuan jaminan tersebut, sehingga para pengunjung merasa dirugikan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak terkait yaitu pengelola kawasan wisata alam goa pinus disarankan dalam penerapan asuransi yang sudah tertera dalam karcis tanda masuk untuk menerapkan yang sudah tertera dalam akad perjanjian, dan untuk lebih memaksimalkan penyesuaiannya berdasarkan Hukum Islam atau aturan yang mengatur mengenai jasa asuransi kecelakaan bagi pengunjung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Friska Diahfriskadiaha@gmail.comC02215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorAnggraini, Friska Diahfriskadiaha@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHadi, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Jiwa
Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Asuransi Kecelakaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggraini Friska Diah
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:12
Last Modified: 30 Jul 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32340

Actions (login required)

View Item View Item