Aplikasi Asuransi Commlife Max untuk Pelanggan telkom Cash (T-Cash)dalam Perspektif Hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Avrianty, Debby Citra (2011) Aplikasi Asuransi Commlife Max untuk Pelanggan telkom Cash (T-Cash)dalam Perspektif Hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Debby Citra Avriyanty_C03304092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul “Aplikasi Asuransi Commonwealth Life Untuk Pelanggan Telkomsel Cash (T-Cash) dalam Perspektif hukum Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana aplikasi asuransi Commonwealth Life Untuk Pelanggan Telkomsel Cash (T-Cash) dan bagaimana aplikasinya jika ditinjau dari hukum Islam. Data penelitian ini dihimpun melalui observasi dan dokumen-dokumen yang selanjutnya akan dianalisis dengan teknik Deskriptif Analitik yakni dengan menggambarkan dan menguraikan tentang aplikasi asuransi Commonwealth Life yang akan dikaitkan dengan hukum Islam yang kemudian akan dikaitkan dengan hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi dari asuransi Commonwealth Life untuk pelanggan Telkomsel Cash adalah bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan Telkomsel Cash untuk dapat melakukan asuransi dengan cara yang mudah dengan hanya mendaftarkan dirinya lewat sms dengan cara ketik: “PAY CL 6600 PIN Nama Lkp# Tanggal Lhr (ddmmyyyyy)# No. Ktp lalu kirim ke 2828. Dengan hal ini otomatis kita telah terdaftar sebagai anggota asuransi Commonwealth Life, tetapi masa berlaku asuransi ini hanya 10 hari dan jika kita ingin memperpanjang masa aktif maka kita harus mendaftar kembali agar masa perlindungan kita tidak berakhir. Sedangkan aplikasinya menurut hukum Islam asuransi ini mengandung unsur gha>>ra>r dan maysi<r karena dalam asuransi ini perhitungan premi tidak jelas sampai berapa kali kita harus membayarnya karena dalam sms tidak dijelaskan kalau harus mendaftar kembali dan juga peserta tidak akan pernah tahu kapan ia akan mendapatkan uang pertanggungan tersebut. Karena hanya Allah SWT yang tahu kapan seseorang itu akan mengalami suatu musibah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pihak pemerintah agar dapat meninjau ke lapangan dan meneliti agar peserta dalam melakukan asuransi tidak melanggar dari ajaran Islam, sehingga peserta tidak ragu-ragu dan lebih percaya menginvestasikan dananya untuk masa depannya yang akan datang. Dan bagi umat Islam hendaknya memperdalam pengetahuan tentang asuransi syari’ah dan cara praktek berasuransi yang betul-betul syari’ah, sehingga kejadian-kejadian yang bertentangan dengan Islam dapat diketahui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Avrianty, Debby CitraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Asuransi Jiwa
Uncontrolled Keywords: Asuransi; Commlife Max
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:46
Last Modified: 28 Jun 2019 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32338

Actions (login required)

View Item View Item