Peningkatan kualitas pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran di MI Salafiyah Safi'iyah Putri Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadzriyah, Nadzriyah (2009) Peningkatan kualitas pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran di MI Salafiyah Safi'iyah Putri Sukorejo Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadzriyah_D51206226.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks di mana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut diantaranya adalah guru. Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Ketidak lancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang diberikan guru. Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi. Kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri di mana guru dan siswanya bertukar pikiran untuk mengembangkan ide dan pengertian. Dalam komunikasi sering timbul dan terjadi penyimpangan-penyimpangan sehingga komunikasi tersebut tidak efektif dan efisien, antara lain disebabkan oleh adanya kecenderungan verbalisme, ketidaksiapan siswa, kurangnya minat dan kegairahan, dan sebagainya. Salah satu untuk mengatasi keadaan demikian ialah penggunaan media pembelajaran secara terintegrasi dalam proses belajar mengajar, karena fungsi media dalam kegiatan tersebut disamping sebagai penyaji stimulus informasi, sikap, dan lain-lain, juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting (urgen) sebagai sebuah sarana dalam mensukseskan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sejauh manakah peningkatan kualitas pembelajaran melalui penggunaan media dalam mensukseskan proses belajar mengajar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan deskriptif, yang dilaksanakan di MI Salafiyah Syafi'iyah Putri Sukorejo Banyuputih Situbondo. Teknik penggunaan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisa data ini menggunakan pendekatan interaktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadzriyah, NadzriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 28 Jun 2019 06:26
Last Modified: 28 Jun 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item View Item