Pendampingan komunitas Remaja Masjid "Kubah Nanas" dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat di Desa Tambak Beras Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Devi Rosita (2019) Pendampingan komunitas Remaja Masjid "Kubah Nanas" dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat di Desa Tambak Beras Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Rosita Sari_B02215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan komunitas remaja masjid "Kubah Nanas" dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Berfokus pada aset terbesar yang ada di Desa Tambak Beras yaitu para remaja yang merupakan generasi penerus bangsa. Adapun fokus pendampingan dalam penelitian ini adalah 1) Aset potensial apa yang ada di Desa Tambak Beras dalam bidang lingkungan 2) Bagaimana strategi pendampingan yang dilakukan dan 3) Bagaimana perubahan yang dihasilkan setelah adanya proses pendampingan.Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Assed Based Community Development). Pendekatan ini merupakan pendekatan berbasis aset yang pendampingan berfokus pada aset dan potensi yang ada di masyarakat. Ada empat tahapan 4-D yang digunakan oleh peneliti diantaranya adalah discovery, dream, design dan destiny. Keempat tahapan tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk menemukenali aset yang ada di desa maupun di dalam diri masing-masing anggota remaja masjid.Strategi yang dilakukan dalam pendampingan dengan komunitas remaja masjid adalah dengan berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan Local leader. Pembina karang taruna sekaligus anggota takmir masjid menjadi Local leader dalam penelitian ini. Aksi yang telah dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat adalah dengan melakukan aksi penanaman pohon, ngaji lingkungan serta kerja bakti Masjid Darul Huda yang ada di Desa Tambak Beras.Selama proses pendampingan dari mulai FGD bersama hingga pelaksanaan aksi, menghasilkan perubahan antara lain meningkatkan rasa patisipasi antar anggota dalam setiap kegiatan, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan rasa memiliki dalam komunitas remaja masjid, mengoptimalkan peran remaja masjid terutama dalam bidang lingkungan serta meningkatkan kesadaran masyarakat desa untuk menjaga lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Devi Rositadevirosita2207@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Remaja
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Komunitas Remaja Masjid; Aset Masyarakat Desa Tambak Beras; Lingkungan Bersih dan Sehat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sari Devi Rosita
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:26
Last Modified: 01 Jul 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32320

Actions (login required)

View Item View Item