Pengaruh strategi Bioreading dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 12 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Desi (2010) Pengaruh strategi Bioreading dalam peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 12 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desi Amelia_D31205073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang di lakukan, di arahkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dimulai antau dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaranya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran. Pengertian dari strategi bioreading adalah teknik membaca cepat untuk anak berdasarkan kemampuan otak yang merupakan biosuper komputer, dengan begitu anak bisa menyerap informasi yang dipelajari dengan cepat dan mudah. Sebuah strategi pembelajaran yang membuat agar anak terampil dalam membaca. Dalam strategi Bioreading ada 5 langkah, yaitu: Atasi hambatan membaca, latih otot mata, melatih mata perifental, teknik membaca cepat, teknik memotret bacaan Strategi ini digunakan agar siswa lebih efektif dalam mengoptimalkan otak kiri dan kanan dlam membaca. pengertian efektif dengan melibatkan akal emosi dan fisik siswa yang ditunjang pula dengan lingkungan yang mendukung pula. Strategi bioreading akan meningkatkan mutu kemampuan peserta didik sesuai dengan bidang kemampuan dalam memahami bacaan terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh gurunya masing-masing agar lebih mampu meningkatkan mutu dan hasil belajar yang ingin dicapai, karena pada kenyataanya masalah proses belajar PAI mengalami kendala, di antara kendala yang dihadapi adalah belum tarcapainya hasil belajar siswa secara maksimal. Padahal ajaran agama bukan hal yang bersifat teoritis tetapi suatu hal yang praktis. Penelitian ini dilaksanakan di jalan Sememi, tepatnya di SMA Negeri 12 Surabaya. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif Deskrptif yang didalamnya terdapat 2 variabel yakni penggunaan strategi bioreading dan prestasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian menggunakan penelitian yang mengambil sampel sebanyak 15 % , metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi Wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa data tentang penggunaan strategi bioreading pada materi PAI tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yaitu 95%.dan angaka tersebut bila dikonsultasikan dengan standart prosentase tergolong sangat baik. Untuk hasil belajar siswa pada bidang studi PAI, tergolong tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase hasil belajar siswa mencapai prosentase 87%. Selanjutnya untuk mencari korelasi antara keduanya, maka menggunakan rumus product moment. Dan hasil perhitungannya nilai "r" sebesar 0,813, jika 0,813 dikonsultasikan dengan table interpretasi nilai "r" yaitu terletak antara 0,800-1,000. maka korelasinya tergolong tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, DesiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Bioreading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:42
Last Modified: 28 Jun 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32319

Actions (login required)

View Item View Item