Hubungan Emotional Quotient (EQ) dan kemampuan guru PAI dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MI Al-Huda Plus Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Tuti (2010) Hubungan Emotional Quotient (EQ) dan kemampuan guru PAI dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MI Al-Huda Plus Nganjuk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tuti Indriani_D51206376.pdf

Download (3MB)

Abstract

Emotional Quotion (EQ) merupakan kecerdasan yang dapat mengenali dan mengkondisikan emosi yang akan di munculkan agar diperoleh penguasaan diri yang matang untuk memudahkan kita dalam membina hubungan dalam lingkungan sosial yang sangat beragam. Menyadari betapa pentingnya pemahaman seorang guru terhasap konsep implementadi KTSP dalam upaya peningkatari mutu pendidikan dengan EQ yang memadai. Berkenaan dengan itu penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Al-Huda Plus Nganjuk. Karena jumlah siswa MI Al-Huda Plus Nganjuk lebih dari 100 maka digunakan sampel, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan guru PAI dalam implementasi KTSP di MI Al-Huda Plus Nganjuk, dengan menggunakan rumus product moment. Kemudian berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, EQ guru PAI MI Al-Huda Plus Nganjuk berada padan skore 77,64%, apabila dikonsultasikan dengan kriteria Suhaimin berkisar antara 76%-100% yang dikatogrikan baik. Dan kemampuan guru PAI MI Al-Huda Plus Nganjuk dalam implementasi KTSP berada pada skore 82,92% yang berada antara 76%400% juga dikatagorikan baik, serta hubungan antara EQ dan kemampuan guru PAI dalam implementasi KTSP diperoleh skore 0,912 yang apabila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi "product moment" tergolong sangat baik. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa EQ guru PAI berpengaruh terhadap kemampuan guru PAI dalam implementasi KTSP. Sehingga dapat dikatakan serrialcin tinggi EQ yang dimiliki guru maka semakin mampu untuk mengimplementasi KTSP lchususnya pada proses belajar mengajar dan evaluasi dikelas. Hal ini dapat diketahui melalui angket-angket yang kemudian dianalisis. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan setiap guru mau dan mampu mewujudkan keberhasilan peserta didik tidak hanya pada wilayah kecerdasan intelektual (IQ) saja, namun juga pada wilayah emosional (EQ). dengan jalan memberikan contoh secara defacto kepada peserta didik melalui kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, TutiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Kurikulum
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Emotional Quotient; EQ; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; KTSP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 27 Jun 2019 08:04
Last Modified: 27 Jun 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32310

Actions (login required)

View Item View Item