Tinjauan Hukum Islam terhadap Sistem Bagi hasil pada Pembiayaan Modal Ventura di perusahaan Modal Ventura Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hani, Fintina (2011) Tinjauan Hukum Islam terhadap Sistem Bagi hasil pada Pembiayaan Modal Ventura di perusahaan Modal Ventura Jawa Timur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fintina Hani_C32207013.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32308

Abstract

Skripsi ini adalab basil penelitian lapangan yang berjudul "Tinjauan Hukmn Islam Terhadap Sistem Bagi Hasil Pada Pembiayaan Modal Ventura Di Perusahaan Modal Ventura Jawa Timur", adapun pennasalaban yang akan dibabas yait u: 1. Bagaimana sistem bagi basil modal ventura pada pembiayaan modal ventura di Perusabaan Modal Ventura Jawa Timur. 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan sistem bagi basil pembiayaan modal ventura di Perusahaan Modal Ventura Jawa Timur. Data penelitian diperoleh melalui cara interview, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pola pembiayaan bagi basil (profit sharing) di Pen sabaan Modal Ventura Jawa Timur adalah sutu pola pembiayaan kepada Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) dengan menentukan suatu prosentase tertentu dari basil keuntungan yang didapat PPU. Dalam melakukan pembiayaan dengan pola bagi basil, Perusahaan Modal Ventura Jawa Timur akan bertindak sebagai penyedia modal dan pelaksanaan kegiatan operasional dapat diserahkan kepada PPU. Pembagian keuntungan didasarkan atas kesepakatan Perusahaan Modal Ventura Jawa Timur (PMVJT) dengan PPU, dengan disepakati prosentase keuntungan. Misalnya PMVJT:PPU= 30%:70%, 40%:60%, 45%:55%. Dalam Islam bentuk pembiayaan seperti ini hampir sama dengan pembiayaan secara mudharabah yang dilandasi ikata syirkah yaitu suatu akad yang diadakan antara para sekutu mengenai modal dan laba atau dapat juga dikatakan akad antara orang-orang yang berserikat dalam bal modal dan keuntungan. Hasil usaha ini dibagi sesuai dengan kesepakatan pada waktu akad pembiayaan ditandatangani yang dituangkan dalam bentuk nisbab. Pembiayaan modal ventura dengan pola bagi basil di Perusahan Modal Ventura Jawa Timur lebih banyak digunakan karena sangat sederhana dibandingkan dengan pembiayaan langswig ataupun dengan obligasi konversi dalam pembiayaan Usaha Mikro, Menengah dan Koperasi. Karena itu eksistensi Perusahaa Modal Ventura Jawa Timur ini sebagai lembaga pembiayaan di luar bank perlu diketahui oleh masyrakat luas yang memerlukan modal untuk usaba. Dengan demikian modal ventura di Perusahaan Modal Ventura Jawa Timur merupakan altematif pembiayaan dengan pola bagi basil yang tidak bertentangan dengan al-Quran dan hadits, sehingga modal ventura dapat dijadikan altematif pembiayaan bagi Usaba Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi yang Islami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hani, FintinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bagi Hasil
Keywords: Bagi Hasil; Modal Ventura
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:47
Last Modified: 27 Jun 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32308

Actions (login required)

View Item View Item