Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap interaksi edukatif siswa pada bidang study PAI di SMPN 2 Sooko Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Khoirin Lina Yuli (2010) Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap interaksi edukatif siswa pada bidang study PAI di SMPN 2 Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirin Lina Yuli Rahmawati_D01206150.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan dengan pengembangan imtag dan akhlak mulia maka yang perlu dikaji lebih lanjut ialah peran pendidikan agama,sebagaimana dirumuskan dalam UU sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 pendidikan keagamaan berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan atau menjadi ahli ilmu agama. Dalam melakukan penelitian ,masalah yang diteliti antara lain:(1)Bagaimana pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI di SMPN 2 Sooko Mojokerto,(2)Bagaimana Interaksi Edukatif pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI)di SMPN 2 Sooko Mojokerto, (3)Bagaimana pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap interaksi edukatif siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Sooko Mojokerto Berdasarkan tuntutan dunia nyata tersebut,maka terciptalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebuah konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkarmya dengan situasi dunia nyata guru mendorong siswanya untuk membuat suatu hubungan antara pengatahuan yang dimilikinya dengan panerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 2 Sooko Mojokerto yang berjumlah 555 siswa terdiri dari 3 kelas paralel. Sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih 1 kelas sebagai kelas eksperimen Interaksi belajar mengajar atau yang lebih dikenal dengan interaksi mengandung arti suatu kegiatan hubungan atau intraksi dan i tenaga pengajar yang melaksanakan tugas dengan warga belajar dalam melakukan proses belajar. Interaksi edukatif terdapat hubungan dengan keberhasilan PBM dinyatakan berhasil bila tujuan pembelajarannya dapat tercapai,oleh karena itu guru harus berkomunikatif dalam melaksanakan interaksi .Dari situ mendapat suatu prtanyaan yang hams dijawab melalui sebuah penelitian. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian pada tanggal 1 Juni 2010 dengan menggunakan menggunakan metode korelasional (Diskriptif Kuantitatif),dimana analisisnya menggunakan metode angket ,observasi dan dokumentasi. Dan i hasil penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap interaksi edukatif siswa dalam bidang study pendidikan agama islam (PAI).Dengan demikian hipotesa (Ha)diterima,sedangkan hipotesa nihil (Ho)ditolak,Hal ini terbukti dari hasil perhitungan sebesar 0,697 setelah hasil tersebut diperoleh,dalam nunus product moment dan menunjukkan bahwa nilai 0,697 terletak diantara rentang 0,40-0,70 dengan mempunyai indeks korelasi yang sedang (cukup berarti. Dari sini dapat disampaikan bahwa Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap interaksi edukatif siswa di SMPN 2 Sooko Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Khoirin Lina YuliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning; CTL; Interaksi Edukatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:40
Last Modified: 27 Jun 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32307

Actions (login required)

View Item View Item