Korelasi pemberian hukuman oleh Guru Agama terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Nurul Amanah Basanah Tanah Merah Bagkalan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyah, Mardiyah (2010) Korelasi pemberian hukuman oleh Guru Agama terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Nurul Amanah Basanah Tanah Merah Bagkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mardiyah_D01206095.pdf

Download (4MB)

Abstract

Korelasi pemberian hukuman oleh guru agama merupakan sebuah ganjaran yang di berikan kepada anak dididiknya agar tidak selalu ada pada tahap kenakalan dan kesenjangan dalam belajarnya sehingga nantinya anak yang nakal dan yang tidak mematuhi tata tertib dalam proses pembelajaran PAI di sekolah dapat terarahkan ke jalan yang lebih baik, hukuman-hukuman yang di berikan oleh guru agama kepada anak didiknya sebagai suatu peringatan atas diri anak itu sendiri baik berupa hukuman jasmaniyah maupun bersifat rohaniyah. Oleh karena itu skripsi ini mengadakan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya korelasi pemberian hukuman oleh guru agama terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan hipotesis yang peneliti ajukan adalah hipotesis kerja yakni Ada hubungan antara korelasi pemberian hukuman oleh guru agama terhadap motivasi belajar siswa di SMP Nurul Amanah Basanah Tanah Merah Bangkalan. Sedangkan hipotesis nihilnya yakni : tidak adanya hubungan antara korelasi pemberian hukuman oleh guru agama terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Nurul Amanah Tanah Merah Bangkalan. Penelitian ini dilakukan di SMP Nurul Amanah Basanah Tanah Merah Bangkalan dan penarikan datanya peneliti menggunakan angket, dokomentasi, interview, sedangkan menganalisa data menggunakan statistik dengan rumusan product moment Setelah data hasil tentang korelasi pemberian hukuman oleh guru agama terhadap motivasi belajar siswa yang di peroleh melalui angket dan dokomentasi serta interview kemudian masuk pada analisis data kofesien korelasi ( r x y) = 0,753 Yang terletak antara 0.600 - 0.800 maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian hukuman oleh guru agama terhadap motivasi belajar PAI siswa mempunyai pengaruh meskipun rendah. Jadi korelasi pemberian hukuman oleh guru agama merupakan suatu hukuman yang diberikan kepada siswa yang ada pada tahap kenakalan dan kesenjangan dalam belajarnya sehingga nantinya anak yang nakal dan yang tidak mematuhuhi tata tertib dalam proses pelajaran PAI dapat terarahkan ke jalan yang lebih baik untuk menghindari adanya pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib serta menghentikan siswa dari tingkah laku yang bersifat negative dan tidak sesuai dengan norma dan tata tertib serta etika disekolah perlu diadakan motivasi baik motivasi dari guru maupun motivasi dari diri siswa itu sendiri senghingga nantinya dapat terarahkan dan meyadarkan dirinya atas perbuatan- perbuatan yang tidak senonoh maka dari itu diharapkan kepada semua siswa untuk merubah prilaku yang tidak baik menuju prilaku yang lebih membaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyah, MardiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hukuman; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:58
Last Modified: 27 Jun 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32301

Actions (login required)

View Item View Item