دراسة عن مشكلات الطلاب في الترجمة من اللغة العربية الى اللغة الإندونيسية في المدرسة العالية بحر العلوم بتمباك براس جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badi'ah, Niswatul (1999) دراسة عن مشكلات الطلاب في الترجمة من اللغة العربية الى اللغة الإندونيسية في المدرسة العالية بحر العلوم بتمباك براس جومبانج. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niswatul Badi'ah_D02395251.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan peradapan dan kebudayaan sekarang ini sangat cepat. Dan agar kita dapat terus mengikuti perkembangan tersebut kita perlu menelaah beragam ilmu pengetahuan baik teoritis maupun aplikatif. Tapi beragam ilmu pengetahuan tersebut banyak yang ditulis dengan bahasa asing, sehingga menuntut kita untuk mendalami bahasa tersebut. Dan salah satu bentuk penelaahan tersebut bisa di manifestasikan melalui terjemahan. Aktifitas penerjemahan bukanlah suatu keterbelakangan, namun lebih merupakan langkah keterbukaan terhadap suatu hal yang baru. Realitasnya, masyarakat indonesia mayoritas beragama Islam, sedangkan wacana-wacana keislaman banyak yang ditulis dengan bahasa asing khususnya bahasa arab, di samping buku-buku tentang filsafat, politik, psikologi, sejarah dll, juga banyak di tulis dalam bahasa arab. Tapi masih sedikit di antara mereka yang mampu menguasai bahasa asing khususnya bahasa arab. Hal inilah yang menyebabkan umat Islam ketinggalan dalam hal ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Oleh sebab itu penerjemah yang profesional sangat dibutuhkan untuk dapat memahami ilmu pengetahuan dan wacana-wacana keislaman yang banyak ditulis dalam bahasa asing khususnya bahasa arab. Oleh karena itulah madrasah Aliyah BAHRUL ULUM: memasukkan materi terjemah dalam pelajaran bahasa arab. Berdasarkan hal tersebut maka dalam skripsi ini, Penulis bermaksud untuk menyingkap lebih jauh tentang problem siswa dalam menerjemahkan dan faktor-faktor yang menyebabkannya, dan bagaimana cara mengatasinya (cara menerjemah yang efektif dan benar).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badi'ah, Niswatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Problema siswa; menerjemah; Bahasa Arab; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:29
Last Modified: 27 Jun 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32298

Actions (login required)

View Item View Item