Analisis Akad Bai' terhadap Penentuan Harga Dalam Jual beli Tebu Berdasarkan Nilai Rendemen pada Pabrik Gula (PG) Gempolkerep Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, M. Syihabur (2010) Analisis Akad Bai' terhadap Penentuan Harga Dalam Jual beli Tebu Berdasarkan Nilai Rendemen pada Pabrik Gula (PG) Gempolkerep Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Syihabur Rohman_C02205131.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32294

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan mengenai "Analisis Akad Bai' Terhadap Penentuan Barga Dalam Jual Bell Tebu Berdasarkan Nilai Rendemen Pada Pabrik Gula (PG) Gempolkerep Mojokerto". Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjawab pertanyaan mengenai mekanisme penentuan harga dalam jual beli tebu pada pabrik gula (PG) Gempolkerep Mojokerto dan sekaligus menganalisis mekanisme penentuan harga dalam jual beli tebu berdasarkan nilai rendemen dengan konsep akad bai'. Penulis bertujuan menganalisis mekanisme penentuan harga dalam jual beli tebu berdasarkan nilai rendemen dari sisi penentuan nilai rendemen dan penentuan harga dalam konsep akad bai' dan pendapat ulama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer, yaitu dokumentasi pabrik gula dan basil wawancara dengan staf pabrik gula. Data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari literat ur yang berkaitan dengan konsep bai'. Teknik pengumpulan data melalui interview dan observasi. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif verifikatif dengan pola pikir deduktif yaitu metode yang diawali dengan menjelaskan atau menggambarkan data basil penelitian tentang mekanisme penentuan harga berdasarkan nilai rendemen dalam jual beli tebu pada pabrik gula Gempolkerep. Selanjutnya data tersebut dianalisis dalam perspektif konsep akad bai' yang kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa mekanisme penentuan harga berdasarkan nilai rendemen pada jual beli tebu di pabrik gula Gempolkerep ini adalah boleh. Karena sesuai dengan syarat, rukun jual beli dalam konsep akad bai'. Dan menurut ulama bahwa dalam penentuan harga yang dikeluarkan pemerintah ini diperbolehkan dengan alasan untuk menghindari kemadharatan. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis merasa penelitian ini masih terdapat kekurangan karena adanya keterbatasan waktu penelitian, kurangnya ilmu pengetahuan yang ada pada diri penulis dan untuk menambah informasi, maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang belum terungkap dalam skripsi ini. Diharapkan pada petani tebu terutama yang melakukan kerja sama jual beli dengan pabrik gula yang beragama Islam agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang cara-cara jual beli menurut hukum Islam, sehingga jual beli yang dilakukan menjadi lebih sempurna dan sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, M. SyihaburUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Akad Bai'; Jual Beli; pabrik gula; Nilai Rendemen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:50
Last Modified: 27 Jun 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32294

Actions (login required)

View Item View Item