Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Pupuk Bersubsidi dengan Sistem paket di Kecamatan Pace Kabupaten gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajrin, Erma Dian (2010) Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual beli Pupuk Bersubsidi dengan Sistem paket di Kecamatan Pace Kabupaten gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erma Dian Fajrin_C02205026.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32291

Abstract

Skripsi dengan judul " Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pupuk Bersubsidi Dengan Sistem Paket Di Kecamatan Pace Kabuaten Nganjuk. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menjawab : (I) Bagaimana praktek penjualan pupuk bersubsidi dengan sistem pak t Di Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk ; (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pclaksanaan penjualan pupuk bersubsidi dengan sistcm pakct Di Kccamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, selanjutnya dianalisis dcngan teknik deskriptif analisis dengan pola pola pikir deduktif untuk mcncari dasar-dasar dan ketentuan- kctcntuan nash syar'idan basil ijtihad ulama sebelumnya untuk di terapkan pada kasus -kasus yang ditemui dalam masyarakat dan selanjutnya diambil kesimpulan dalam hukum Islam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan jual beli pupuk bersubsidi yang terjadi Di Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Bahwa sistem paket ini terjadi karena masalah kurang lakunya dari salah satu pupuk bersubsidi yaitu yaitu pupuk petroganik. Maka kelompok tani dan kios resmi membuat sat u sistem ini, supaya pupuk yang diperjual belikan itu laku terjual. Dalam hal ini pctanilah yang tcrkena imbas dari sistem paket tersebut, dan dalam hukum Islam tindakan jual beli seperti ini dalam jual beli aspek hukumnya tidak sah karena adanya kctcrpaksaan dari salah satu pihak. Skripsi ini menyimpulkan bahwa Pelaksanaan jual beli pupuk dengan system paket Di Kecamatan .pace dengan cara mcnghubungi pembeli dan pembayaranya di lakukan tunai dengan memakai nota atau tanda bukti, Dan jual beli pupuk menurut pandangan hukum Islam tidak sesuai dengan syarat-syaratnya jual bcli karena ada salah satu pihak yang merasa dirugikan, sistem paket tersebut sebenarnya tidak dilarang tetapi mungkin carauya yang harus di rubah atau dari satu jenis pupuk yaitu pupuk Petroganik yang terdapat dalam satu paket itu tidak di ikut scrtakan. pcnulis merasa penelitian ini masih terdapat kekurangan karena adanya keterbatasan waktu, kurangnya ilmu pengetahuan yang ada pada diri penulis dan untuk menambah informasi pada diri penulis dan untuk mcnambah infonnasi maka perlu di adakan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang belum terungkap dalam skripsi ini. Adapun saran yang dapat penulis bcrikan antara lain di harapakan bagi para pedagang resmi pupuk atau kelompok tani agar sistem paket tersebut ditiadakan atau sistem terscbut tetap bcrlanjut asalkan Pupuk Petroganik yang kurang diminati oleh petani tidak di sertakan dalam paket tcrsebut supaya petani tidak merasa keberatan dengan adanya sistem pakct tersebut dan pemerintah agar mengupayakan kemakmuran khususnya para petani dcngan cara yang tepat tanpa mcrugikan masyarakat dan untuk petani agar mengupayakan mutu basil panennya walaupun sistem pakct masih bcrlaku di dacrah setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajrin, Erma DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Pupuk Bersubsidi; Paket Pupuk bersubsidi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:37
Last Modified: 27 Jun 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32291

Actions (login required)

View Item View Item