تحليل المشكلات في قراءة كتاب فقه السيرة بدون الشكل عند الطلاب بالمدرسة العالية الإسلامية في معهد ماس للتربية الاسلامية دونجدارا كرمبخان تامان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhan, Andik (2009) تحليل المشكلات في قراءة كتاب فقه السيرة بدون الشكل عند الطلاب بالمدرسة العالية الإسلامية في معهد ماس للتربية الاسلامية دونجدارا كرمبخان تامان سيدوارجو. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andik Subhan_D02304076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasari atas asumsi peneliti bahwa bahasa Arab merupakan salah satu materi utama yang telah diajarkan di berbagai lembaga­lembaga penddidikan Islam seperti madrasah-madrasah, pondok pesantren dan universitas Islam. Buku-buku materi yang diajarkan sebagian besar merupakan kitab-kitab berbahasa Arab yang tanpa adanya harakat (syakl). Untuk memahaminya bukanlah persoalan yang mudah sehingga bisa ditemukan banyak kesulitan dalam pengajarannya. Atas dasar permasalahan tersebut di atas maka tujuan penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah problematika siswa-siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren "MAS" Dungduro Krembangan Sidoarjo dalam membaca kitab "Fiqh al-Sirah". Maka penulis dapat merumuskan beberapa masalah sebagai berikut: Bagaimana aktifitas pengajaran kitab Fiqh al-Sirah tanpa harakat (syakl) bagi siswa kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren "MAS" Dungduro Krembangan Sidoarjo? Bagaimana kesulitan-kesulitan dalam membaca kitab Fiqh al-Sirah tanpa harakat (syakl) bagi siswa Madrasah Aliyah kelas XII? Bagaimana solusi dalam mengatasi problematika pengajarannya? Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis rumus prosentase. Adapun sampel yang diteliti penulis adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren "MAS" kelas XII yang berjumlah 18 (delapan belas) siswa. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren "MAS" kelas XII dalam membaca kitab "Fiqh al-sirah" tanpa harakat (syakl) antara lain karena sekitar 67% latar belakang pendidikan siswa adalah lulusan dari SMP dan 11% dari SMPN sedangkan yang lain 22% dari MTs sehingga 61% siswa kurang dapat memahami tentang qawaid (nahwu dan sharaf). Solusi unruk mengatasi hal tersebut antara lain: pelajaran tambahan berupa nahwu sharaf pada kelas I'dad (kelas persiapan) sebelum masuk Madrasah Aliyah Pondok Pesantren MAS, mengajarkan kitab-kitab Sirah Nabawiyah tingkat dasar seperti kitab "Khulasoh Nur al-Yaqin" dan "Nur al-Yaqin" dengan menggunakan metode dan media pengajaran yang menarik bagi siswa dalam meningkatkan ketrampilan membaca kitab-kitab berbahasa Arab tanpa harakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhan, Andik--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Buku; Kompetensi Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:02
Last Modified: 26 Jun 2019 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32283

Actions (login required)

View Item View Item