فعالية استعمال وسيلة التعليم الصورة المسلسلة لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الحكومية ماجاساري ماجاكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asy'ari, Hasyim (2012) فعالية استعمال وسيلة التعليم الصورة المسلسلة لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الحادي عشر بالمدرسة الثانوية الحكومية ماجاساري ماجاكرطا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasyim Asy'ari_D02208034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi. Bahasa digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang kehendaki kepada yang lain supaya dapat dimengerti oleh pihak kedua. Selain itu, bahasa digunakan untuk menyampaikan ide-ide yang ada dalam fikiran. Dalam setiap bahasa mempunyai empat keterampilan, yaitu mendengar, bicara, membaca dan menulis. Dalam mempelajari bahasa asing kita dituntut untuk mahir dalam setiap keterampilan. Bagitu pun dalam keterampilan menulis. Keterampilan menulis adalah ungkapan seseorang yang disampaikan secara terstruktur atas apa yang dirasakannya dengan menggunakan tulisan. Menulis menjadi keterampilan bahasa yang terakhir dalam pembelajaran bahasa. Untuk memudahkan pembelajaran bahasa dibutuhkan media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk mempennudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Media gambar (gambar seri) merupakan wujud nyata dari karangan narasi sebab rangkaian gambar disusun secara seri dan diurutkan secara kronologis. Peran dan fungsi gambar dalam menulis karangan narasi yaitu sebagai petunjuk yang menuntun siswa dalam mengungkapkan kata-kata atau kalimat secara sistematis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode: observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Semua metode ini digunakan untuk melengkapi data yang dibutuhkan untuk kelancaran jalannya penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar berseri efektif dalam meningkatkan pembelajaran menulis siswa kelas XI MAN Mojosari dalam pembelajaran bahasa arab. Hasil penelitian menunjukkan prestasi nilai siswa sebelum penggunaan media gambar berseri rata-rata sebesar 6.51. Dan prestasi ni lai siswa sesudah penggunaan media gambar berseri rata-rata sebcsar 7.41.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asy'ari, Hasyim--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Media gambar; keterampilan menulis; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:17
Last Modified: 26 Jun 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32281

Actions (login required)

View Item View Item