فعالية تطبيق الطريقة الحركية السمعية البصرية الفكرية لترقية مهارة القراءة لطلاب في الفصل الثامن مدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية علواء كرطاصانو عانجوع

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridho, Rystu Zuniati (2012) فعالية تطبيق الطريقة الحركية السمعية البصرية الفكرية لترقية مهارة القراءة لطلاب في الفصل الثامن مدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية علواء كرطاصانو عانجوع. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rystu Zuniati Ridho_D02207033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Penerapan Metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) Untuk Meningkatkan Keampuan Membaca Siswa Kelas VIII MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk. Dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana penerapan metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa? 2). Bagaimana masalah kemampuan membaca siswa dan analisisnya? 3). Bagaimana efektivitas penggunaan metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) dalam meningkatkan kemampuan membaca di MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui penggunaan metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. 2). Untuk mengetahui permasalahan membaca siswa besrta analisisnya 3). Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab di MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) dalarn meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) dalam pembelajaran bahasa Arab) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode SAVI I menggunakan metode dari guru dalam pembelajaran bahasa Arab) pada siswa kelas VIII Nglawak Kertosono Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode uji coba, observasi, angket dan tes. Untuk analisisnya menggunakan analisis Statistik Uji ''t" (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan kognitif siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelopok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok eksperimen dari 6,9 (Pre test) menjadi 7,9 (Post Test) dan kelopok kontrol dari 6,7 (Pre test) menjadi (Post Test). Dalam basil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 5,9. Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikan 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikan 1% yaitu 2,65 (2,00 < 5,9 > 2,65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAVI (Somatic, audio, visual, intelegen) cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VIII MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk. Dan akhirnya dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada guru khususnya bahasa Arab tingkat Tsanawiyah, untuk menggunakan metode ini didalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap membaca bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridho, Rystu Zuniati--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode SAVI; Somatic; audio; visual; intelegen; Keampuan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:38
Last Modified: 25 Jun 2019 02:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item View Item