تحليل أخطاء الطلاب في درس الإنشاء بالفصل الرابع كلية المعلمين والمعلمات السلام بانجيلان طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmatin, Yunita (2012) تحليل أخطاء الطلاب في درس الإنشاء بالفصل الرابع كلية المعلمين والمعلمات السلام بانجيلان طوبان. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Rokhmatin_D02208023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesalahan yang terjadi dalam penulisan bahasa arab memang sangat wajar terjadi sebab bahasa arab merupakan bahasa asing bagi kita sebagai pelajar Indonesia. Telah kita ketahui juga bahwa mengarang itu tidak mudah. Ada beberapa kesulitan yang dialami oleh para pelajar indonesia. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk meneliti lebih dalam lagi problematika- problematika yang terjadi ketika menulis khususnya ketika mengarang serta bagaimana solusinya. Peneliti menggunakan metode deskriptif eksploratif yaitu suatu jenis penelitian yang mengeksplorasi keadaan sebuah peristiwa dengan seksama, disamping itu di topang dengan suatu peristiwa pendekatan analisis kesalahan yang bermaksud untuk menganalisis, menjelaskan serta mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa ketika mengarang (Insya'). Adapun langkah-langkah dalam analisis kesalahan adalah, pertama mengumpulkan sampel kesalahan, kedua mengidentifikasi kesalahan, ketiga menjelaskan kesalahan, keempat mengklasifikasi kesalahan, dan kelima mengevaluasi kesalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran lnsya' di kelas IV KMI Assalam Bangilan Tuban sudah baik meskipun masih ditemukan beberapa kesalahan-kesalahan dalam penulisan mereka. Yang paling utama adalah kesalahan mereka pada penulisan hamzah washol dan hamzah qotho', juga pada susunan-susunan nahwunya meliputi idhofah, kaana dan saudara-saudaranya, inna dan saudara-saudaranya, amil nashob dan amil jazm .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmatin, Yunita--UNSPECIFIED
Subjects: Menulis
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa; menulis; Insya'; mengarang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:16
Last Modified: 25 Jun 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32258

Actions (login required)

View Item View Item