Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Usaha Jasa Laundry di Kalijaten Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Riski Dwi Puspita (2010) Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Usaha Jasa Laundry di Kalijaten Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riski Dwi Puspita Ningrum_C02206099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini hasil penelitian lapangan yang berjudul "Ana/isis Hukum Islam Dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Usaha Jasa Laundry Di Kalijaten Taman Sidoarjo" . Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan : bagaimana praktek usaha jasa laundry di Kalijaten ditinjau dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan hukum Islam. Metode yang digunak:an dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, yaitu suatu metode yang memberikan gambaran dan memberikan penilaian terhadap suatu fenommena dari suatu keadaan yakni tentang usaha jasa laundry di Kalijaten Taman Sidoarjo. Kemudian dalam menjelaskannya menggunakan pola pikir logika induktif, yaitu dengan melihat fakta dan data hasil penelitian tersebut selanjutnya dianalisis dengan hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek usahajasa laundry di Kalijaten Taman Sidoarjo kebanyakan kerugian yang dialami konsumen akibat proses produksi yang dilakukan pelaku usaha dan tidak adanya ganti kerugian yang diberikan pelaku usaha kepada konsumen. Praktek diatas setelah dianalisis ada ketidaksesuaian dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam hal hak konsumen yang seharusnya didapatkan oleh konsumen dan kewajiban pelaku usaha kepada konsumen. Sedangkan dalam hukum Islam dalam hal ujrah yang diberikan konsumen kepada pelaku usaha Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada pihak usaha jasa laundry di Kalijaten Taman Sidoarjo dalam menerapkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen sesuai dengan peraturan-peraturan dan hukum Islam. Kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih usaha jasa laundry yang banyak bermunculan pada saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Riski Dwi PuspitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Perlindungan Konsumen
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen; Laundry
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:58
Last Modified: 24 Jun 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32253

Actions (login required)

View Item View Item