Pengaruh media Kupon bicara terhadap kemampuan berargumentasi peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Syarif Hidayatullah Kemuning Kedamean Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Aslihatul (2010) Pengaruh media Kupon bicara terhadap kemampuan berargumentasi peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Syarif Hidayatullah Kemuning Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aslihatul Wahidah_D01206227.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan pemilihan media pembelajaran dapat mempengaruhi kemampuan berargumentasi peserta didik, pembelajaran konvensional yang sering diterapkan guru mengakibatkan siswa cenderung menghafal dan bekerja secara prosedural dan memahami materi tanpa bernalar. Hal ini berakibat kemamapuan berargumentasi peserta didik rendah karena dalam pembelajaran konvensional peran peserta didik bersifat pasif hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan laiihan-latihan soal yang diberikan oleh guru. Salah satu media yang dapat mengaktifkan peserta didik adalah media kupon bicara. Minat dan kemampuan berargumentasi peserta didik di sekolah masih rendah. Kesulitan berargumentasi ini terefleksi pada ketidaktahuan siswa tentang apa yang harus dibicarakan, untuk apa dibicarakan, dan bagaimana membicarakannya. Sementara itu, pembelajaran PAI yang diselenggarakan kurang menekankan pada latihan (praktik) berbicara. Kalaupun ada latihan, kegiatan itu tidak efektif dan menarik bagi peserta didik. Di samping itu, teknik mengajar guru kurang bervariasi. Jika hal itu terus tejadi, maka tujuan pembelajaran PAI tidak akan pernah tercapai. Peserta didik akan tetap gagap dan gugup dalam berbicara. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat mengarahkan dan mentransfer ide-ide atau gagasan yang dapat dikemukakan oleh peserta didik dan tnerangsen peserta didik untuk aktif berbicara khususnya dalam berargumentasi. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimamna penerapan media kupon bicara, 2)Bagaimana kemampuan berargumentasi peserta didik dengan menggunakan kupon bicara, 3)seberapa tingkat pengaruh penggunaan media kupon bicara terhadap kemampuan berargumentasi. Dengan populasi sebanyak 42 peserta didik kelas VIII MTs Syarif Hitidayatullah Kemuning Kedamean Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan rancangan one group pretest postest design. Berdasarkan analisis data yang diperoleh: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan media kupon bicara adalab adalah sangat baik yaitu dengan nilai rata- rata 3,95. Hasil analisis untuk kemampuan berargumentasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan media kupon bicara tergolong sangat balk dengan nilai rata- rata 3,97. Dan berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan "Wilcoxen" pada taraf signifikan 5% diperoleh t sebesar 8,7 clan t sebesar2,02 berarti t >tt. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa " ada pengaruh penerapan media kupon bicara terhadap kemampuan berargumentasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Syarif Hitidayatullah Kemuning Kedamean Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, AslihatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Media Kupon
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:39
Last Modified: 24 Jun 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32252

Actions (login required)

View Item View Item