Analisis Hukum Islam terhadap Mekanisme Pelaksanaan dan Pendistribusian Aqiqah sebagai Konsumsi Pengajian di Yayasan Al-Jihad Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoyimah, Qoyimah (2010) Analisis Hukum Islam terhadap Mekanisme Pelaksanaan dan Pendistribusian Aqiqah sebagai Konsumsi Pengajian di Yayasan Al-Jihad Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qoyyimah_C32206018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang "Analisis Hukum Islam Terhadap Mekanisme Pelaksanaan Dan Pendistribusian aqiqah Sebagai Konsumsi Pengajian Di Yayasan Al-Jihad Surabaya". Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan dan pendistribusian Aqiqah sebagai konsumsi pengajian di Yayasan Al-Jihad Surabaya?; 2. Bagaimana Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan dan pendistribusian aqiqah sebagai konsumsi pengajian di Yayasan tersebut?. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan logika deduktif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus. Hasil penulisan ini ditemukan, bahwa pelaksanaan aqiqah di Yayasan Al­ Jihad adalah system paket dimana pesertanya mendaftarkan secara individual dengan menyerahkan sejumlah uang namun, pelaksanaannya secara koletifitas. Dalam mekanisme pelaksanaan aqiqah ini, bukan Yayasan Al-Jihad sendiri yang melaksanakan tetapi menjalin kerja sama bisnis dalam penyediaan hewan sembelihan mulai dari pemotongan sampai berupa sajian dan siap dibagikan kepada jamaah pengajian yang mana jamaah pengajian di Yayasan Al-Jihad terdiri dari berbagai elemen masyarakat dan dilaksanakan setiap malam minggu pahing. Sehingga Yayasan Al-Jihad mendapatkan fee yaitu •basil aqiqah berupa makanan siap saji yang dijadikan konsumsi pengajian dari kerja sama tersebut. Mekanisme pelaksanaan aqiqah di Yayasan Al-Jihad sudah sesuai dengan hukum Islam, karena menurut para ulama hanya berbeda pendapat mengenai batasan wakt u pelaksanaan aqiqah bagi orang tua yang akan mengaqiqahi anaknya. Selain itu pendistribusian daging aqiqah yang digunakan sebagai konsumsi pengajian di Yayasan Al-Jihad sudah sesuai dengan syariat yang telah ada karena pada dasarnya ibadah aqiqah itu tidak mengenal waktu pelaksanaannya hanya saja yang lebih utama adalah hari ketujuh dari hari kelahirannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoyimah, QoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Pengajian; Aqiqah; Pendistribusian Aqiqah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:22
Last Modified: 24 Jun 2019 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32250

Actions (login required)

View Item View Item