Analisis hukum islam terhadap Sistem Lembur pada Sewa Ekskavator di PT Keluarga Jaya Abadi Sentosa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alutsyah, Rizal (2011) Analisis hukum islam terhadap Sistem Lembur pada Sewa Ekskavator di PT Keluarga Jaya Abadi Sentosa Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Alutsyah_C23304143.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang bcrjudul "Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Lembur pada Sewa Ekskavator di PT. Keluarga Jaya Abadi Sentosa Surabaya" ini adalah basil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana sistem kerja Iembur pada sewa ekskavator di PT. Keluarga jaya Abadi Sentosa Surabaya dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap sistem kerja lembur pada sewa ekskavator tersebut? Data penelitian diperoleh dari PT. Keluraga Jaya Abadi Sentosa Surabaya selaku pemilik ekskavator dan PT. Surya Buana Surabaya selaku penyewa. Pengwnpu1an data pene1itian dihlmpw1 melalui dokumentasi dan wawancara dan selanjutnya dianalisis dengan teknik pendekatan analitis-deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktek kerja lembur e.kskavator milik PT. Keluarga Jaya Abadi Sentosa di tempat PT. Surya Buana terjadi penyelewengan penggunaan ekskavator melebihi jam sewa yang telah disepakati dalam kontrak perjanjian sewa. Dalam kontrak menyebutkan bahwa waktu sewa ekskavator selama 50 jam dengan limit 7 hari tetapi pada faktanya PT Surya Buana menggunakan ekskavator tersebut selama 59 jam dengan limit 7 hari. Ditinjau dari hukwn Islam terkait dengan fakta tersebut terjadi penyimpangan pada syarat dan rukun sewa atau ijarah. Penyimpangan tersebut terletak pada imbalan yang tidak dibayarkan sepenuhnya kepada PT. Keluarga Jaya Abadi Sentosa dan jangka waktu sewa yang tidak sesuai dengan kontrak perjanjian sewa. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan kepada pemilik ekskavator untuk dapat melakukan pengawasan terhadap pengoperasian ekskavator sebab usaha persewaan ekskavator merupakan salah satu usaha yang dapat menghasilkan penghasitan yang besar, tetapi usaha inijuga mempunyai resiko penyalahgunaan yang besar pula. Di samping itu perlu ada hubungan baik antara pemilik dengan operator ekskavator guna untuk membantu dan memperlancar kegiatan pengawasan pengoperasian ekskavator di lokasi penyewa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alutsyah, RizalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sewa
Uncontrolled Keywords: Sewa Menyewa; Sewa Alat berat; Ekskavator
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:07
Last Modified: 24 Jun 2019 07:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32249

Actions (login required)

View Item View Item