Partisipasi masyarakat Nahdliyin terhadap perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masitha, Anez Syam (2010) Partisipasi masyarakat Nahdliyin terhadap perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anez Syam Masitha_D01206167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Partisipasi Masyarakat Nahdliyin Terhadap Perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo ini dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana partisipasi masyarakat Nahdliyin? Bagaimana perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo? Apakah partisipasi masyarakat Nahdliyin berpengaruh pada perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo? Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yang diambil dari populasi sebanyak 4.905 siswa orang, yang diambil dari pengurus desa Ngingas, Pengurus ranting NU desa Ngingas, Pengurus Muslimat, Ansor dan Fatayat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, dan rumus product moment agar mendapat hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Nahdliyin terhadap perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase berada pada rentang 76% -100% tepatnya yaitu 97,12%. Sedangkan dalam pengaruh partisipasi masyarakat Nahdliyin terhadap perkembangan MI Ma'arif di Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo mempunyai implikasi(dampak pengaruh) yang positif, hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan product moment, hasil yang diperoleh adalah 0,71 dan pada tabel interpretasi berada pada nilai r = 0,70 — 0,90 menunjukkan bahwa antara Variabel X dan Y terdapat pengaruh yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masitha, Anez SyamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Masyarakat
Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; Nahdliyin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:28
Last Modified: 24 Jun 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32246

Actions (login required)

View Item View Item