Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together terhadap kemampuan belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri I Robata

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soleha, Imroatus (2010) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together terhadap kemampuan belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri I Robata. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatus Soleha_D01206094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya proses pembelajaran di sekolah-sekolah yang memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru. Akibatnya proses pembelajaran cenderung membosankan dan menjadikan siswa pasif dalam belajar. Maka dari itu, perlu kiranya dicarikan formula pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT). Pembelajaran kooperatif tipe HNT yang secara pelaksanaannya siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dengan anggota 4-6 siswa tiap kelompok. Setiap siswa diberi nomor 1-6 atau lebih dan secara acak guru memanggil salah satu nomor. Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (MIT) Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAT di SMP Negeri I Robatal ini dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together di SMP Negeri I Robatal? Bagaitnana ketnampuan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Robatal? Apalcah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berpengaruh terhadap kemampuan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Robatal? Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa yang diambil dari populasi sebanyak 122 siswa kelas VIII SMP Negeri I Robatal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, median, dan rumus product moment agar mendapat hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan metode Number Head Together di SMP Negeri I Robatal dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase berada pada rentang 76% -100% tepatnya yaitu 88,37%. Untuk Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Robatal tergolong baik, hal ini dapat dilihat dan i hasil perhitungan median antara 71— 85 tepatnya 81,09. Sedangkan dalam Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran PAI di SMP Negeri I Robatal mempunyai implikasi (dampak/ pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarlcan dari hasil perhitungan product moment, hasil yang diperoleh acialah 0,74 dan pada tabel interpretasi berada pada nilai r = 0,70-0,90 menunjuldcan bahwa antara Variabel X dan Y terdapat penganth yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soleha, ImroatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Number Head Together; NHT; Number Head Together
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:19
Last Modified: 24 Jun 2019 06:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32245

Actions (login required)

View Item View Item