Pengaruh penerapan metode KWL (Know Want to Know-Learned) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study Fiqih di MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alamiah, Dhatul (2010) Pengaruh penerapan metode KWL (Know Want to Know-Learned) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study Fiqih di MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhatul Alamiah_D01206094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, untuk mencapai pembelajaran perlu disusun suatu metode agar tujuan itu tercapai dengan optimal tanpa suatu metode yang cocok dan tepat, tidak mungkin tujuan dapat tercapai. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa adalah metode KWL (know-want to know- learned) adalah salah satu metode yang mengaktifkan siswa sebelum, saat dan sesudah pembelajaran Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah: 1.Bagaimana penerapan metode KWL (know-want to know-learned) pada bidang study fiqih di MTs.Ihyaul Ulum Dukun Gresik, 2.Bagaimana pemahaman siswa pada bidang study fiqih di MTs.Ihyaul Ulum Dukun Gresik. 3.Adakah pengaruh penerapan metode KWL (know-want to know-learned) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study fiqih di MTs.Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik, dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-B. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design yaitu penelitian yang menggunakan one group Pre Test And Post Test. Yang dilakukan dua kali observasi yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengumpulan data yang digtmakan adalah Observasi, wawancara, doktunentasi dan tes. Dan Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic diskriptif dan uji t (t-test) Hasil analisis yang diperoleh setelah dilakukan pengujian hipotesis adalah: 1. penerapan metode KWL (know-want to know-learned) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study fiqih, hal ini dapat di lihat dadi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mendapatkan nilai 3,3 dengan kretria baik dan hasil keterampilan siswa mendapatkan nilai 3,1 dengan keriteria baik. 2. pemahaman siswa pada bidang study fiqih, hal ini dapat dilihat dan ketuntasan belajar secara individual yaitu 35 siswa yang tuntas dan secara klasikal yaitu 92% tercapai dan meningkat. 3. adanya pengaruh penerapan metode KWL (know want to know-learned) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study fiqih, berdasarkan analisis uji t diperoleh t.hitung sebesar 8,949, dan ttabel sebesar 2,042, hal ini berarti t.hitung > t.tabel atau 8,949 > 2,042, yaitu Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan metode KWL (know-want to know-learned) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study fiqih di MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alamiah, DhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: KWL; Know Want to Know-Learned
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:08
Last Modified: 24 Jun 2019 06:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32244

Actions (login required)

View Item View Item