Tinjauan Akad Syirkah terhadap Penanaman Modal dan bagi Hasil usaha Penggilingan Padi di desa Krecek Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surianti, Septin Lilis (2010) Tinjauan Akad Syirkah terhadap Penanaman Modal dan bagi Hasil usaha Penggilingan Padi di desa Krecek Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septin Lilis Surianti_C23304142.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini adalab basil penelitian lapangan untulc menjawab pertanyaan: Bagaiamana mekanisme penanaman modal dan bagi basil usaha penggilingan padi di Desa Krecek Kabupaten Kediri dan bagaimana tinjauan hukum akad syirkah
terbadap penanaman modal dan.bagi basil usaha tersebut. Data penelitian dihimpun melalui interviewlwawancara, observasi langsung, dan penelusuran pustaka, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi analisis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik pelaksanaan bagi basil penelitian menyipulkan bahwa, bagi basil usaba penggilingan padi di Kelompok Tani Jaya Mulya dapat dikatakan batal, karena tidak terpenuhinya unsur keadilan. Dimana anggota yang berprofesi sebagai borok mempunyai peran yang sangat penting terhadap keberlangsungan usaha, mulai dari usahanya untuk memenuhi ketersediaan gabah yang secara otomatis akan mempengaruhi besamya bagi basil usaha sampai pada masalah pengembangan usaha. Bagi hasil usaha penggilingan padi Kelompok Tani Jaya Mulya Desa Krecek Kabupaten Kediri dapat digolongkan pada bentuk kerjasama syirkah 'inin, karena dalam syirkah 'inin pembagian keuntungan boleh sama atau dapat juga berbeda, tergantung dari modal masing-masing dan persetujuan dari masing-masing pihak. Selain itu dibolebkan adanya kelebihan keuntungan salah seorang dengan syarat pihak tersebut juga menambah pekerjaan. Hal ini disebabkan dalam syirkah, selain dengan harta, pekerjaan atau tanggung jawab dapat juga diperhitungkan dalam menentukan keuntungan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada anggota Penggilingan Padi Kelompok Tani Jaya Mulya disarankan: pertama, mengenai perjanjian kerjasama bagi hasil usaha penggilingan padi ini hendaknya dilakukan secara tertulis, karena dalam kaitannya dengan perjanjian yang berorientasi pada profit semacam ini, perjanjian yang dilakukan secara tertulis juga akan lebih memptmyai kekuatan hukum. Kedua, diberikan perincian sekaligus penjelasan mengenai hak dan kewajiban Job description) masing-masing anggota, agar para anggota mengetahui posisi mereka dalam penggilingan padi, serta apa yang menjadi bak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh masing-masing anggot a, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan antar anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surianti, Septin LilisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Bagi Hasil
Uncontrolled Keywords: Kerjasama; Penanaman Modal; Bagi hasil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32242

Actions (login required)

View Item View Item