Pandangan Ulama terhadap Transaksi Penyimpanan darah Tali Pusat bayi di Rumah Sakit "Mitra Keluarga" Darmo Satelit - Surabaya: studi analisis Maslahah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holis, Holis (2010) Pandangan Ulama terhadap Transaksi Penyimpanan darah Tali Pusat bayi di Rumah Sakit "Mitra Keluarga" Darmo Satelit - Surabaya: studi analisis Maslahah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Holis_C02206108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pandangan Ulama' Terhadap Transaksi Penyimpanan Darah Tali Pusat Bayi di Rumah Sakit "Mitra Keluarga" Dam10 Satelit-Surabaya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui aplikasi transaksi penyimpanan darah pusat bayi, pandangan fuqahi' Syifi'iyah kaitannya dengan aplikasi transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi, dan untuk mengetahui status hukum transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi jika dianalisis dengan menggunakan salah satu dasar pertimbangan dalam penetapan hukum Islam yaitu ma Ja}Jah. Disamping itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh adanya asumsi masyarakat yang beranggapan bahwa dalam transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi mengandung unsur garar, dan menjadi pemicu utama timbulnya penyakit anemia yang dapat membahayakan bagi pihak bayi dan ibu setelah terjadinya pengambilan darah tali pusat bayi. Dalam rangka untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode interview(wawancara) dan telaah terhadap sumber primer yaitu buku yang membahas tentang darah tali pusat bayi, kitab-kitab yang disusun oleh fuqahi' Syifi'iyah yang membahas tentang ijirah dan wadi'ah, dan kitab kitab u ul fiqh yang disusun oleh tokoh u uliyyin yang berma?]iab kepada Imam al­ Syafi'i. Dalam penelitian ini telah ditentukan beberapa temuan studi yaitu (1) Transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi tidak mengandung ma<farrah (bahaya). (2) Penyimpanan darah tali pusat bayi ditinjau dari teori fuqahi' Syifi'iyah termasuk transaksi yang mengandung dua akad yaitu ijirah dan wadi'ah. (3) Model transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi dengan mensyaratkan adanya sejumlah biaya sebesar enam juta lima ratus ribu rupiah yang harus di bayar di muka dan dinyatakan hangus apabila darah tali pusat bayi tersebut berdasarkan uji laboratorium dinyatakan tidak layak untuk di simpan, tidak bertentangan dan dapat dibenarkan dalam perspektif maslahah. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi di Rumah Sakit "Mitra Keluarga" Darmo Satelit­ Surabaya, termasuk transaksi yang mengandung dua akad dalam perspektif fuqahi' Syifi'iyah yaitu ijirah dan wadi'ah, dan tidak mengandung madarrah (bahaya) sehingga dapat dibenarkan dalam perspektif maslahah. Mengingat manfaat yang sangat besar yang terdapat di dalam darah tali pusat bayi yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, sebaiknya setiap ibu yang melahirkan melakukan transaksi penyimpanan darah tali pusat bayi di Rumah Sakit "Mitra Keluarga" Darmo Satelit-Surabaya. Hal ini dimaksudkan untuk investasi kesehatan demi kebahagiaan dan keselamatan bayi, ibu, dan anggota keluarga yang lain, maupun orang lain yang tidak memiliki hubungan kekerabatan tetapi membutuhkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holis, HolisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Ijarah
Sewa
Uncontrolled Keywords: Tali Pusat bayi; Transaksi penyimpanan; RS.Mitra Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:06
Last Modified: 24 Jun 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32237

Actions (login required)

View Item View Item