Konsep Abdurrahman Mas'ud tentang Humanisme Pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musa, Abdullah (2010) Konsep Abdurrahman Mas'ud tentang Humanisme Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Musa_D01303191.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gagasan humanisme mengemuka dan tumbuh pesat seiring dengan tuntutan modernitas. Respon Islam terhadap humanisme tidak lepas dari ajaran Islam yang universal sehingga gagasan humanisme compatible dengan nilai-nilai Islam. Humanisme di Indonesia secata spesifik memang belum pernah diwacanakan di Indonesia. Akan tetapi, perangkat humanisme relegius, disadari atau tidak, seperti gerakan Islam liberal di Indonesia, berada dalam kategori humanisme relegius sebab dalam Islam tidak ada liberalisme kecuali masih membawa ruh nilai-nilai Islam. Humanisme yang digagas Abdurrahman Mas'ud merupakan bentuk humanisme relegius sebagai jawaban dan kritikan untuk sistem pembelajaran di Indonesia yang terlalu individualisme dan lupa hakeketnya sebagai kholifatullah. Adapun isi dari skripsi ini terbagi menjadi lima bab, yakni (1) pendahuluan, (2) biografi Abdurrahman Mas'ud, (3) humanisme pendidikan Islam (4) konsep Abdurrahman Mas'ud tentang humanisme pendidikan Islam, (5) penutup. Adapun rumusan masalah skripsi ini adalah: (1) Bagaimana konsep Abdurrahman Mas'ud tentang humanisme pendidikan Islam? (2) Bagaimana implikasi konsep Abdurrahman Mas'ud dalam dalam dunia pendidikan? (3) Bagaimana aktualisasi konsep Abdurrahman Mas'ud dalam pendidikan masa kini?. Sedangkan dalam pengurnpulan data, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hal ini dimaksudkan tidak untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel. Adapun buku-buku yang menjadi sumber utama dalam skripsi ini adalah buku berjudul "Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik; Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam" karya Abdurrahman Mas'ud. Setelah mengadakan penelitian, penulis mendapat kesimpulan bahwa konsep Abdurrahman Mas'ud adalah untuk menciptakan putra-putri bangsa yang memiliki rasa humanisme relegius agar memiliki semangat dalam berpendidikan tanpa mengurangi dan lupa akan nilai-nilai Islami. Untuk mewujudkan kholifatullah sesungguhnya. Agar di masa depan Islam mempunyai generasi yang maju, modern, canggih dan bermutu yang memegang teguh ajaran agama Islam serta berguna bagi masyarakat umum. Secara konseptual paradigma humanisme religius, dalam kerangka aplikasi dan implikasi, penulis menawarkan empat komponen inti, yaitu: aspek guru, aspek siswa, aspek materi dan aspek evaluasi. Oleh karena itu, hendaknya materi dan metode yang diberikan guru dan orang tua mengandung nilai-nilai Islami yang disesuaikan dengan kondisi anak dan sekitarnya sehingga pencapaian tujuan menjadi lebih maksimal. Yaitu menjadikan anak dengan rasa humanisme relegius yang berdisiplin ilmu tapi tetap memegang teguh ruh-ruh Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musa, AbdullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Abdurrahman Mas'ud; Humanisme Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:39
Last Modified: 20 Jun 2019 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item View Item