Pengembangan Life Skill dalam pendidikan Islam: studi kasus SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridhoi, Moh. (2010) Pengembangan Life Skill dalam pendidikan Islam: studi kasus SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Ridhoi_D01206209.pdf

Download (2MB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia telah lama dilakukan. Dalam setiap GBHN dan REPELITA selalu tercantum bahwa peningkatan mutu merupakan salah satu prioritas pembangunan di bidang pendidikan. Berbagai inovasi dan program pendidikan juga telah dilaksanakan, antara lain penyempurnakan kurikulum, pengadaan buku ajar dan buku referensi lairrnya, peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan lainnya meIalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi pendidikan mereka, peningkatan manajemen pendidikan, serta pengadaan fasilitas lainnya. Pendidikan tidak hanya mengajarkan atau mentransformasikan Ilmu dan keterampilan serta kepekaan rasa (kebudayaan) atau agama, seyogyanya pendidikan harus mampu memberikan perlengkapan kepada anak didik untuk mampu memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapainya, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan life skill di SMA Wachid Hasyim 2 taman sidoarjo Oleh sebab itu dalam skripsi ini ada beberapa permasalah yang menjadi fokus penelitian, yaitu: (1) bagaimana pengembangan life skill dalam lcurikulum pendidikan islam di SMA Wachid Hasyim 2?; (2) bagaimana faktor pendukting dan penghambat pengembangan life skill SMA Wachid Hasyim2?; (3) bagaimana hasil pengembangan life skill terhadap prestasi siswa-siswi SMA Wachid Hasyim 2? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, interview clan dokumentasi, yang mana data yang sudah dikumpulkan tersebut dianalis dengan menggtmakan teknik analisis deskriptif Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya konsep kecakapan hidup yaitu konsep yang memberilcan kemampuan, kesanggupan dan keterampilan kepada peserta didik sebagai bekal untuk menjalani kehidupannya, dengan melalui kecakapan personal, rasional, social, akademik dan vokasional yang dipadukan dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan wahana yang konstruktif dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan Islam kedepan, baik secara teoritis maupun praktis, selain itu hasil penelian ini belum bisa dikatan final, maka dari itu diharapkan terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridhoi, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Life Skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 19 Jun 2019 07:30
Last Modified: 19 Jun 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32217

Actions (login required)

View Item View Item